Pengertian Blogging dan Blogger

Posted on 30 views

Blog atau website blog (weblog) merupakan salah satu media baru (new media) yang muncul dan berkembang seiring dengan kehadiran dan perkembangan teknologi internet. Aktivitas membuat dan menulis di blog disebut Blogging (Ngeblog). Pelaku blogging atau pemilik blog disebut Blogger.

Cara Membuat BlogBLOG atau Weblog singkatan dari Website Log, yaitu situs web (website) berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web (www).

WWW sendiri adalah sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk  pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet. (Wikipedia).

Secara bahasa (Inggris), Web artinya jaringanLog artinya buku harian atau catatan harian. Dengan demikian, bisa dikatakan blog adalah catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang blogger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan, dan ketahui atau sekadar mengoleksi gambar, video, dan link halaman website.

Bisa juga catatan itu tentang topik tertentu, dikenal dengan istilah Niche Blog, yaitu blog yang berisi tema tertentu, misalnya blog kesehatan, blog pendidikan, blog sepakbola, dan sebagainya.

Dari berbagai pengertian atau definisi blog yang bisa kita temukan via Googling, umumnya ada kata-kata “tulisan yang tampil dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama)”, meskipun tidak selamanya demikian. Salah satunya mengatakan:

A blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom.

Pengertian Blogging dan Blogger

Pengertian blog paling umum dan mudah dipahami adalah definisi dari Computer Glossary of Terms yang mencantumkan tiga istilah sekaligus: blog, blogging, dan blogger:

 ‘From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger.”

Blog pada dasarnya adalah jurnal yang ada di web. Aktivitas update-nya disebut blogging dan seseorang yang “ngeblog” disebut blogger.

Dari pengertian awal blog sebagai catatan harian pribadi, kini blog berkembang menjadi media online untuk kepentingan yang beragam, mulai dari toko online, bisnis online, marketing online, hingga menjadi website resmi instansi/lembaga atau organisasi.

Banyak pula portal berita yang dasarnya sebuah blog. Dengan menggunakan template, desain, atau tampilan seperti situs berita, sebuah blog bisa menjadi sebuah situs berita yang banyak pembacanya.*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *