Home » Blogger » Tempat Bikin Blog Gratis: Blogger vs WordPress

Tempat Bikin Blog Gratis: Blogger vs WordPress

Wordpress vs Blogger

Setahu saya, platform blog atau tempat membuat blog gratis terbanyak digunakan ada dua, yaitu Blogger dan WordPress.

Blogger adalah platform blog milik Google. Jika kita membuat blog di sini, maka alamat blognya akan seperti ini: blogromeltea.blogspot.com.

Didirikan pertama kali pada tahun 1999, Blogger adalah salah satu interface pengguna pertama yang ramah untuk para blogger. Pyra Labs, pencipta asli Blogger, memulai perusahaan kecil ini di San Francisco di tengah bangkitnya dot com.

WordPress adalah platform blog gratis dengan nama domain wordpress.com. Jika kita membuat blog di sini, maka alamat blognya akan seperti ini: romeltea.wordpress.com

WordPress diciptakan untuk memberi blogger platform blogging yang lebih kompleks. Gaya simpelnya disambut baik bagi pengguna yang menginginkan foto dan konten tertulis mereka bersinar dibanding dengan widget di websitenya

Namun, WordPress ada dua macam:

  1. WordPress.com
  2. WordPress.org

WordPress.com adalah situs tempat membuat blog gratis.

WordPress.org adalah software untuk membuat blog dengan nama domain dan hosting sendiri.  Dikenal juga dengan CSM WordPress atau blog selfhosted WordPress.

Misalnya, Anda membeli domain dan hosting di Niagahoster atau Qwords. Nah, pasang tuh CMS WordPress dan blog Anda akan menjadi, misalnya, www.romeltea.com, sehingga lebih profesional dan SEO Friendly.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *