Tips Menjadi Blogpreneur, Wirausaha Melalui Blog

Posted on 49 views

Istilah blogpreneur muncul karena banyak blogger yang memanfaatkan blognya untuk berwirausaha atau mengembangkan usaha secara online.

Blogpreneur

SEORANG staf humas sebuah Direktorat Jenderal (Ditjen) menghubungi saya melalui email. Ia mengundang saya untuk menjadi pembicara tunggal dalam dua pelatihan.

Pelatihan pertama tentang Humas Online yang diikuti seluruh Kabag Humas se-Indonesia. Pelatihan kedua tentang blogging dengan peserta para blogger di lingkungan salah satu instansi pemerintah tersebut.

Kami tidak saling mengenal. Ketika saya tanya, dari mana ia mendapatkan informasi tentang saya, ia mengatakan melalui blog saya.

Saat Googling tentang Humas Online, ia menemukan tulisan saya di halaman hasil pencarian Google (SERP). Ia pun membuka menu “Hubungi Saya” (Contact) dan mendapatkan alamat email saya.

Staf Humas sebuah Ditjen tadi hanyalah satu dari sekian orang yang “menemukan” saya di internet lalu mengundang saya sebagai pemateri pelatihan. Karena niche blog saya seputar komunikasi, jurnalistik, dan media, maka kebanyakan pelatihannya pun tentang menulis atau jurnalistik, public speaking, humas, manajemen media, siaran radio (radio broadcasting), dan blogging.

Karena sering mendapatkan “order” pembicara melalui email/blog, maka saya pun mulai menyadari sekaligus merasakan manfaat blog sebagai “lahan bisnis”, dalam hal ini bisnis jasa (pemateri/pembicara).

Saya pun berani mengatakan, awalnya saya ngeblog “sekadar” menyalurkan hobi menulis dan membuat “kelas online” (online class) untuk mahasiwa, kini saya pun punya “profesi baru” atau “profesi sampingan” sebagai blogpreneur.

Pengertian Blogpreneur

Blogpreneur atau adalah istilah baru yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi digital di internet. Blog secara umum adalah situs web pribadi (personal website). Preneur singkatan dari entrepreneur  yang artinya enterprenir, pengusaha, atau usahawan.

Dengan demikian, Blogpreneur adalah orang yang menjalankan usaha atau bisnis dengan memanfaatkan blog. Bisa juga disebut mencari uang dari blog.

Saya pun sudah menulis buku saku tentang Blogpreneur berikut ini:

BlogPreneur
BlogPreneur

Minat? Silakan order ke penerbitnya: Nuansa.

Buku ini disusun berdasarkan pengalaman ngeblog (blogging) yang ternyata bisa menghasilkan uang. Karena “garis tangan” penulis bukan di bidang bisnis, maka blogpreneurnya berjalan tidak sekencang blogger-blogger di luar sana yang bisa menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Penulis menjalankan aktivitas bisnis online melalui blog di bidang jasa, yakni sebagai “penyedia jasa” sebagai pembicara, pemateri pelatihan komunikasi praktis (termasuk blogging), dan mengandalkan Google Adsense.

Dalam buku ini penulis berbagi pengalaman, tips, dan menggali sejumlah peluang wirausaha online melalui blog (make money blogging) yang terbilang sangat banyak.

Buku ini bukan saja ditujukan bagi Anda yang berminat terjun di bisnis online via blog, tapi juga bagi siapa saja yang membutuhkan panduan blogging.

Di buku ini disajikan cara membuat blog yang baik dan benar, termasuk teknik optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO).

Mengubah orientasi blogging menjadi profit oriented hanyalah satu dari sekian manfaat atau tujuan ngbelog. Blog juga bisa dimanfaatkan untik pendidikan (education blog/edublog), sosialisasi kebijakan, dakwah, menyalurkan hobi, mengasah keterampilan  menulis, mendokumentasikan momentum, dan banyak lagi. *

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *