Home » Wordpress » Tips SEO: Cara Menulis Judul dan Slogan Blog WordPress

Tips SEO: Cara Menulis Judul dan Slogan Blog WordPress

Site Title (Judul Situs) dan Tagline (Slogan) adalah elemen penting yang harus dioptimalkan di blog, baik Blogger maupun WordPress. Berikut ini Cara Menulis Judul Situs dan Slogan SEO di Blog WordPress.

Blog WordPress

SAAT ini ada lebih dari satu miliar situs web atau blog di dunia. Setiap hari selalu ada blog baru. Jika Anda baru membuat blog atau mengelola situs web, Anda mungkin kewalahan bersaing dengan begitu banyak blog. Apalagi jika niche atau tema dan topik blognya sama.

Bagaimana cara membuat blog kita menonjol, menarik perhatian, dan mendatangkan pengunjung atau trafik (traffic)?

Langkah pertama untuk mendapatkan perhatian adalah memiliki judul (site title) yang menarik dan slogan  (tagline) kreatif.

Judul dan slogan adalah elemen pertama yang akan dilihat pembaca Anda, juga diindeks mesin pencari seperti Google.

Apa Itu Judul dan Slogan WordPress?

Judul dan slogan biasanya menjadi hal pertama yang akan dilihat pengunjung. Karenanya, kita harus memberi judul dan slogan yang tepat, sesuai dengan target pembaca sekaligus niche atau tema utama konten blog.

 

  • Judul (title) adalah nama blog. Misalnya: “Blog Romeltea”. Judul ini bisa diubah, misalnya menjadi “Tips Blogging untuk Pemula”.
  • Slogan (tagline) adalah pernyataan pendek yang mirip dengan subtitle atau slogan iklan. Slogan ini sering ditempatkan tepat di bawah judul blog. Slogan berfungsi sebagai deskripsi singkat tentang konten blog dan mengapa itu ada.

judul tagline blog

Menggabungkan judul yang kuat dengan tagline yang jelas dan deskriptif akan memberi blog Anda keuntungan saat mencoba menarik perhatian audiens.

Mungkin perlu waktu untuk menghasilkan judul dan tagline yang dikarang dengan baik, tapi itu pasti sepadan dengan usaha.

Dua potongan teks sederhana ini dapat membantu blog Anda menonjol dari blog serupa. Mereka juga memberi tahu pembaca Anda tentang situs Anda, serta nada dan gaya yang diharapkan.

Terbaik dari semua, ketika menulis judul dan slogan dilakukan dengan benar, Anda dapat menggunakan judul dan tagline Anda untuk meningkatkan Optimasi Mesin Pencari (SEO) blog Anda.

Anda harus mulai dengan membuat judul yang sesuai. Setelah judul siap, Anda dapat membuat tagline yang melengkapi, dan kemudian mengoptimalkan kedua elemen untuk keperluan SEO.

Title dan Tagline Blog WP

Cara Menulis Judul Situs dan Slogan SEO di Blog WordPress

Langkah 1: Pilih Judul Blog Anda

Menghadirkan judul blog bisa menakutkan, karena itu akan menjadi kesan pertama yang didapat pelanggan dari blog Anda.

Pikirkan seperti ini: judul blog Anda adalah merek Anda. Begitulah cara orang mengenali Anda di antara semua blog atau situs web lain di luar sana.

Kunci untuk menghasilkan judul yang kuat adalah memahami apa tujuan blog Anda. Apakah ini blog pribadi? Atau mungkin Anda memulai toko e-commerce, organisasi nirlaba, memulai jadi blogpreneur, atau portofolio online?

Apa pun itu, lebih mudah untuk menemukan judul jika Anda jelas tentang tujuan Anda membuat blog.

Untuk membuat judul dan slogan blog yang baik, gunakan kata sifat atau frasa yang menggambarkan Anda, atau kata-kata atau frasa yang menggambarkan apa yang Anda lakukan.

Misalnya, katakanlah Anda memiliki blog sendiri tentang berbagai hal yang dapat Anda lakukan dengan baik dan dapat membantu orang lain. Anda bisa menyebut blog Anda “[Nama Anda] Berbagi Tips Marketing”.

Ingat tujuan blog Anda. Tidak apa-apa menggunakan sesuatu yang menyenangkan dan “gila” untuk blog pribadi, tetapi Anda harus memiliki sesuatu yang setidaknya dapat dimengerti (dan sedikit profesional) untuk blog bisnis.

Jika blog Anda adalah portofolio online atau sarana untuk mempromosikan bisnis lepas Anda, opsi yang baik adalah menggunakan nama Anda sendiri untuk judul blog, misalnya, yourname.com.

Ini mungkin mengejutkan Anda karena terlalu maju, tetapi itu akan memberi tahu orang-orang siapa Anda tanpa mereka perlu menggali profil Anda sama sekali.

Langkah 2: Buat Tagline yang Baik

Tagline atau slogan bisa lebih sulit untuk dibuat daripada judul blog. Anda ingin memastikan bahwa Anda meringkas konten blog Anda.

Jika Anda dapat menemukan cara cerdas untuk melakukannya menggunakan permainan kata-kata atau aliterasi, itu tidak masalah. Namun, mendeskripsikan konten blog Anda secara singkat akan lebih baik daripada permainan kata yang cerdik yang tidak memberi tahu pembaca apa yang diharapkan.

Tips membuat slogan yang baik:

  1. Tekankan atau tarik perhatian pada tujuan blog Anda.
  2. Tetapkan nada untuk situs Anda.
  3. Berisi kata kunci yang akan membantu situs Anda muncul dalam pencarian.

Anda bisa memiliki judul paling keren di dunia – misalnya, Shiny Betrayed Dinosaur – tetapi tanpa tagline, orang tidak akan tahu bahwa situs Anda adalah blog perjalanan pribadi tentang pengalaman Anda menjelajahi tempat-tempat baru dan menarik.

Tagline Anda adalah apa yang dikenal dalam pemasaran sebagai proposisi penjualan yang unik. Begitulah cara Anda dapat menunjukkan kepada pengunjung apa manfaat memeriksa situs Anda nantinya, menjawab pertanyaan tentang apa untungnya bagi mereka.

Jika mereka tidak tahu mengapa blog Anda ada di sini, atau bagaimana relevansinya dengan mereka, kemungkinan mereka tidak akan mengunjungi.

Apa gaya konten blog Anda? Apakah Anda memiliki pernyataan yang lucu dan humor yang menyolok? Apakah Anda memamerkan keterampilan Anda sebagai desainer atau teknisi? Apakah Anda ceria, sarkastik, blak-blakan? Biarkan itu ditampilkan di tagline – pengunjung akan merasakan apa yang mereka inginkan.

Ciri-Ciri Tagline yang Baik

Tagline yang baik tidak hanya akan menarik pengunjung, tetapi juga membantu mereka mengingat Anda. Tagline terbaik memiliki ciri-ciri berikut:

1. Singkat

Tidak peduli bagaimana Anda membuatnya, disarankan Anda menjaga tagline Anda pendek. Anda ingin segera membuat dampak maksimum, dan tagline yang panjang dan bertele-tele tidak akan sepenuhnya ditampilkan dalam hasil pencarian.

Cobalah untuk tidak menggunakan lebih dari 60 karakter, karena itulah yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian.

2. Jangan ulangi

Tagline menambah kekuatan pada judul tanpa mengulanginya. Ingat, Anda memberikan konteks untuk judul blog Anda, menguraikan tujuan dan sasaran blog Anda.

3. Menjadi berbeda dan menarik

Anda ingin mengatakan sesuatu tentang diri Anda yang tidak dikatakan oleh blogger atau pebisnis lain. Untuk menonjol menghabiskan waktu meneliti kompetisi.

Jika tagline Anda dapat mengungkapkan apa yang orang lain tidak katakan, atau mengucapkan sesuatu dengan cara yang baru dan unik, suara dan merek Anda akan lebih mudah diingat.

Ini juga membantu untuk mengetahui siapa target audiens Anda. Pembaca seperti apa yang Anda harapkan? Apa manfaat yang ingin Anda berikan kepada mereka? Ini akan membantu Anda membuat tagline yang menonjol dalam pencarian.

Mengapa Judul dan Tagline yang Baik Sangat Penting?

Seperti disebutkan sebelumnya, ada banyak persaingan di internet. Beberapa tahun terakhir telah melihat peningkatan eksponensial dalam jumlah konten yang tersedia secara online.

Menurut Infografis 2014 dari Uberflip, setiap hari ada hampir 145 miliar email terkirim, 2,73 juta posting blog diterbitkan, dan 500 juta tweet – belum lagi semua jam video yang diunggah ke YouTube atau artikel berita yang diterbitkan.

Bayangkan, berapa banyak yang meningkat dalam setahun terakhir!

Dengan begitu banyak orang yang membuat dan memasarkan begitu banyak konten, membuat orang lain peduli dengan konten Anda menjadi semakin sulit.

Memiliki judul dan tagline yang menarik perhatian pembaca dan relevan dengan situs Anda akan membantu Anda menarik lebih banyak pengunjung dan menonjol dari kerumunan.

Optimisasi Mesin Pencari

Untuk membantu Anda mempertahankan persaingan, pertimbangkan Search Engine Optimization (SEO) – yaitu, menggunakan kata kunci tertentu untuk memastikan situs Anda muncul tinggi pada daftar hasil pencarian untuk mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin.

Meskipun Anda tidak harus hanya mengandalkan mesin pencari untuk menghasilkan lalu lintas situs, mereka tetap merupakan alat yang bermanfaat.

Mesin pencari mencari kata kunci, sehingga memiliki konten yang relevan dengan tag yang sesuai akan membantu – tetapi membuat judul dan / atau tagline SEO Anda siap akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Judul umumnya berfungsi sebagai nama merek dan tidak selalu memiliki ruang untuk kata kunci, sehingga sebagian besar SEO akan terjadi di tagline Anda – pastikan itu relevan dan tagline Anda masih masuk akal!

Sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *