Rahasia di Balik Warna Biru Facebook: Buta Warna dan Warna Favorite

Romeltea | Follow @romel_tea
Rahasia di Balik Warna Biru Facebook
Rahasia di Balik Warna Biru Facebook. Kenapa logo dan desain tampilan laman Facebook didominasi warna biru?

Ternyata, yang membuat pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, memutuskan untuk menggunakan warna biru sebagai warna dominan di situs buatannya tersebut karena dia buta warna.

Dikutip merdeka dari Newyorker (9/2010), ketika Zuckerberg menjalani test mata, dia mendapati bahwa matanya kesulitan untuk melihat paduan warna merah dan hijau. Dia hanya dapat melihat warna biru.

Oleh karenanya, dia beranggapan, biru adalah warna dinamis dan dapat diaplikasikan hampir dengan semua warna.

Selain itu, dilansir Fast Company (06/05), menurut penelitian, warna yang paling disukai baik oleh wanita atau pria adalah biru.

Biru menunjukkan satu warna yang terkesan tenang dan lebih dapat 'menunjukkan diri' apabila bertemu dengan warna lainnya. Bahkan untuk underline atau link sebuah URL di internet, warna yang biasa ditemui adalah mayoritas biru.

Oleh karenanya, pertanyaan kenapa biru menjadi warna dominan di Facebook, jawabannya karena Zuck buta warna dan warna biru lebih dominan sekaligus dinamis dibandingkan dengan warna lainnya. 

Pilihan Zuck tepat. Ternyata biru adalah warna favorit dan memenuhi unsur pengalaman pengguna (user experience) internet.

Biru adalah warna paling sejuk di mata untuk layar monitor. Dalam dunia desain website, biru identik dengan warna link atau hypertext.

Bagi saya, biru adalah warna terbaik di dunia karena ia warna khas Persib Bandung Sang Pangeran Biru Maung Bandung. 

Saya pernah mengulas warna biru sebagai warna favorit di blog lain. Warna biru terbaik untuk desain website atau blog, selain warna gelap lainnya seperti hitam dan hijau. Hindari penggunaan  warna oranye, kuning, merah menyala, karena menyilaukan mata.

Ini hasil survei yang menunjukkan biru merupakan warna favorit pria-wanita sebagaimana dirilis laman Joe Hallock.

Biru Warna Favorit

Demikian ulasan ringkas tentang mengapa Facebook dominan warna biru sekaligus sebagai warna favorit. Wasalam. (blogromeltea.blogspot.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Blogger from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram twitter youtube

Recommended Posts

No comments on Rahasia di Balik Warna Biru Facebook: Buta Warna dan Warna Favorite

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *