Cara Upload Tulisan di Website WordPress: Panduan Membuat Postingan

Romeltea | Follow @romel_tea
Cara Upload Tulisan di Website WordPress: Panduan Membuat Postingan

Cara upload tulisan di website WordPress (WP) atau membuat postingan di blog berbasis WP sangat mudah. Semudah membuat status update di media sosial atau menulis email.

Tanpa panduan ini pun sebenarnya Anda akan bisa. Asalkan mau "ngulik", mengutak-atik menu-menu yang ada di website WP Anda. Tentu saja, login atau masuk dulu menggunakan username dan password.

Yang dimaksud website Wordpress dalam tutorial ini adalah website yang dibuat dengan nama domain dan hosting sendiri dan menggunakan CMS WordPress (wordpress.org). Tips berikut ini berlaku juga untuk posting di blog wordpress gratis (wordpress.com).

Untuk login ke web WP Anda, biasanya URL-nya adalah https://namadomain.com/wp-admin atau jika sudah diubah bisa menjadi https://namadomain.com/login dan semacamya. 

Ada juga cara masuk ke web WP yang tinggal klik menu LOGIN, jika tema/desain web yang digunakan memiliki fitur login di navigasi menunya.

Cara Membuat Postingan di WordPress

Berikut ini panduan cara membuat postingan atau memasukkan artikel di website yang dibuat dengan CMS WordPress.

1. Login

Login atau masuk dulu untu bisa ke dashboard WordPress Anda. Untuk login, jika tidak ada menu Login, ketik alamat web Anda di address bar dan tambahkan /wp-admin atau URL lainnya jika sudah diubah. 

Masukkan username dan password. Jika lupa, klik Lost your password dan cek link yang terkirim ke email Anda.

login web wordpress


2. Klik Post > Add New

Jika sudah masuk, di dashboard WP Anda, pilih Posts, lalu pilih Add New. Bisa juga klik New di menu paling atas dan pilih Post.

menambahkan posting baru WP


3. Anda akan diarahkan ke halaman Add New Post

Masukkan judul pada kolom isian Add title. Artikel ditulis di kolom Content.

Add New Post WP

Catatan
  • Jika akan memasukkan naskah artikel yang sudah ada di file MS Word, Anda bisa langsung Copas. Namun, sebaiknya copas dulu ke Notepad, agar format Word-nya hilang dan naskah bebas kode-kode bawaan MS Word. 
  • Pastikan juga naskah Anda sesuai dengan Format Tulisan di Website.

4. Text Formatting

CMS WordPress --yang membangun website Anda-- memiliki beragam pilihan text formatting untuk mempercantik postingan/artikel. 

Fitur yang ada di halaman postingan di antaranya adalah bold, italic, bullets, numbering, quotes, alignment, strikethrough, text color, dan lain-lain. Abaikan jika tidak memerlukannya.

Text Formatting

Untuk membuat bold, highlights kata atau frasa dalam tulisan, lalu klik B. Demikian juga untuk garis miring dan lainnya.

5. Cara Menambahkan Gambar

Untuk memasukkan atau menambahkan gambar, klik mouse di bagian awal tulisan (di depan huruf pertama artikel), lalu klik tombol Add Media.

Menambahkan Gambar

Anda juga bisa menambahkan video dan audio dengan klik Add Media ini.

Catatan:
  • Siapkan gambar/foto ukuran standar, minimal 640x360 Pixel. Lebar 640 Pixel dan tinggi 360 Pixel. 
  • Pastikan gambar/foto Anda memiliki nama file yang jelas (deskriptif). Misalnya: wordpress.jpg. Edit dulu nama file, misalnya di Microsoft Picture Manager
6. Uplaod Gambar

Setelah klik Add Media, Anda akan diarahkan ke halaman Add Media. Di sini Anda dapat mengunggah file gambar, video, maupun audio untuk postingan Anda. 

Klik tombol Select Files untuk mengunggah gambar.

Select Files untuk mengunggah gambar

7. Isi Alt Text. 

Jika Anda menargetkan kata kunci tertentu, masukkan dalam kolom isian ini. Kemudian, isi Title, Caption, dan Description dengan keterangan sesuai gambar. 

Anda juga dapat melakukan pengaturan alignment, ukuran, maupun pengalihan tautan di sini. Klik Insert to post untuk memasukkan gambar ke postingan Anda.

Alt text Gambar

Pengisian alt text bisa dengan cara copas judul tulisan Anda ke sana. Ini bagus buat SEO artikel Anda di website Wordpress, agar mudah diindeks Google.

8. Kategori postingan.

Anda dapat menggunakan kategori yang sudah ada. Jika belum memiliki kategori, Anda dapat membuat kategori baru dengan cara klik tautan + Add New Category.

Kategori postingan

Contoh kategori: Blogging, SEO, Berita, Opini, Pendidikan, Curhat, dll. Kategori adalah topik atau tema, semacam "rubrik" jika di surat kabar atau majalah.

9. Isi Tags

Ini mirip kategori. Fungsi tags dapat mengategorikan postingan Anda ke dalam tema yang lebih spesifik. Masukkan tag yang Anda inginkan pada kolom isian, kemudian klik Add.

Isi Tags

10. Permalink

Permalink atau slug URL bawaan WordPress terlihat kurang menarik. Anda dapat mengubahnya dengan cara klik tombol Edit di bawah kolom isian judul.

permalink artikel web wp


11. Featured image

Featured image adalah gambar yang akan muncul di halaman depan. Jangan lupa menambahkannya dengan cara klik tautan Set featured image

Setelahnya, Anda akan diarahkan ke halaman media. Pilih atau unggah gambar yang Anda inginkan, kemudian klik tombol Set featured image.

Set featured image


12. Publish!

Cek ulang tulisan Anda. Jangan buru-buru publikasikan. Barangkali ada salah ketik (typo) dan sebagainya.

Setelah semuanya siap, langkah selanjutnya adalah menerbitkan postingan di website WordPress Anda. 

Di pojok kanan, ada menu atau tombol Publish (Publikasikan). Di sini Anda dapat mengatur status postingan, menyimpan draft, melihat preview, menentukan siapa yang dapat melihat postingan Anda, serta menjadwalkan postingan. 

Klik tombol Publish untuk menerbitkan postingan atau artikel yang baru saja Anda buat dan edit.

publikasi postingan web wp


Proses Upload Tulisan di Website WordPress atau membuat postingan selesai dilakukan. Ulangi langkah di atas untuk posting artikel berikutnya.

Cara membuat tulisan di blog Blogger/Blogspot juga tidak jauh berbeda. Hanya beda nama menu dan posisi menunya. 

Keep writing and posting aja, agar terbiasa dan terlatih. Ingat, kata pepatah, tidak ada orang hebat, yang ada orang terlatih. There's no great people, but trained people! Orang menjadi hebat, ahli, terampil, berkat latihan.

Sumber Gambar: Niagahoster

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Blogger from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram twitter youtube

Recommended Posts

No comments on Cara Upload Tulisan di Website WordPress: Panduan Membuat Postingan

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *