Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense

Romeltea | Follow @romel_tea
Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense


Google AdSense atau iklan Google adalah sumber utama penghasilan para blogger. Bahkan, situs-situs berita atau media online pun mengandalkannya sebagai sumber pendapatan. Berikut ini Cara Daftar dan Syarat Diterima Google AdSense.

Begitu blog atau website kita diterima menjadi penayang iklan Google, maka blog mulai menghasilkan. Iklan akan muncul di blog kita, sesuai dengan unit iklan dan topik postingan.

Pengertian Google AdSense 

Google AdSense adalah program periklanan Google bekerja sama dengan para pemilik situs web atau blog. Pemilik situs akan menerima komisi per bulan. 

Menjadi penayang iklan Google (publisher) merupakan monetisasi blog paling populer. Penghasilan utama YouTuber juga AdSense.

Secara lengkap ada halaman khusus bantuan AdSense resmi dari Google, termasuk tentang cara dan syarat daftar AdSense.

Diingatkan, sebelum mendaftarkan blog/website menjadi penayang AdSense, maka harus disiapkan dulu blog kita benar-benar layak diterima menjadi publisher AdSense.

Jadi, blog yang baru dibuat, trafiknya masih rendah, apalagi kalau isinya masih sedikut, jangan buru-buru daftar AdSense. 

Tunggu sekitar sebulan baru bisa daftar. Itu pun jika konten blog sudah cukup banyak, 10 posting lebih, dan pengunjung sudah ratusan per hari.

Meski demikian, banyak pula kasus blog yang kurang dari sebulan sudah bisa diterima Google AdSense. Kemungkinan besar karena konten blognya berkualitas. 

Cara Kerja AdSense


Cara Daftar Google AdSense

Cara mendaftarkan blog ke Google AdSense sangat mudah. Untuk membuat akun AdSense, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka https://www.google.com/adsense/start.
  2. Klik Daftar Sekarang.
  3. Masukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan.

Untuk blog di Blogger (Blogspot) milik Google lebih mudah lagi. Jika blog Anda sudah layak diterima AdSense, akan ada menu Earning (Penghasilan) di Dashboard Blogger plus link daftar. 

menu adsense di blogger

Tinggal klik saja menu tersebut untuk daftar dan ikuti langkah berikutnya.

Namun, blog yang baru dibuat biasanya belum memunculkan link untuk daftar (Sign Up). Ada notifikasi "Your blog doesn't currently qualify for AdSense". Blog Anda belum memenuhi syarat untuk AdSense. Kayak gini nih:

Klik aja link "HOW TO QUALIFY FOR ADSENSE" untuk mempelajari lebih detail. Untuk bahasa Indonesia, halamannya adalah Persyaratan Kelayakan AdSense.

Jika blog sudah memenuhi syarat untuk AdSense, maka akan seperti ini. Ada link "Sing up for AdSense". Tinggal klik aja untuk mendaftarkan blog Anda.

Syarat Diterima AdSense

Syarat diterima AdSense dari Google cuma ada tiga. Google menyebutnya "Persyaratan kelayakan AdSense".

Syarat blog atau website diterima AdSense adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki konten orisinal yang unik dan menarik
  2. Konten blog mematuhi kebijakan Program AdSense
  3. Berusia minimal 18 tahun

Cuma tiga itu syarat diterima AdSense. Dikit ya? Iya dikit, tapi "konten orisinal yang unik dan menarik" itu lho yang berat!

Orisinal artinya postingan, artikel, atau tulisan di blog asli buatan sendiri. Bukan hasil "copas" apalagi plagiat. 

Unik artinya beda dengan yang lain. Posting tentang pengalaman dipastikan unik karena pengalaman orang pastinya berbeda. 

Menarik artinya mengundang pembaca membuka blog Anda.

Jumlah Pengunjung

Kita lihat tidak disebutkan jumlah minimal pembaca atau pengunjung blog. Menurut pengalaman sih, minimal pengunjung per hari 100 hingga 300 orang.

Nah, untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak itu, maka kita harus mengisi blog dengan konten unik dan menarik.

Bagaimana konten unik itu?

Unik artinya berbeda dengan artikel yang sudah ditulis orang lain. Tema atau topik boleh sama, namun sistematika, gaya bahasa, gaya tulisan, sudut pandang (angle), dan kedalaman bahasan bisa berbeda.

Konten yang dijamin unik itu adalah menuliskan pengalaman. Pengalaman orang pasti berbeda 'kan? Misalnya, kita sama-sama berkunjung ke sebuah objek wisata. Nah, perasaan dan kesan masing-masing orang bisa berbeda.

Secara umum, konten blog itu harus kita isi sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman sendiri. Jika Anda memahami soal perawatan sepeda motor, maka tulislah soal itu, sesuai dengan ilmu dan pengalaman Anda.

Demikian ulasan tentang Cara Daftar dan Syarat Diterima Google AdSense. Happy Blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Blogger from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram twitter youtube

Recommended Posts

2 comments on Cara Daftar dan Syarat Blog Diterima Google AdSense

  1. berguna sekali, boleh banget di terapkan ni caranya.

    ReplyDelete
  2. Oke. Semoga aku keterima Google Adsense. Sekarang makin sulit soalnya.

    ReplyDelete

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *