Tips SEO: Cara Daftarkan Blog dan Sitemap ke Google Search Console

Romeltea | Follow @romel_tea
GOOGLE adalah mesin pencari terbesar dan terbanyak digunakan pengguna internet. Kita harus mendaftarkan blog ke Google Search Console dan submit Sitemap agar cepat terindeks Google dan tampil di halaman pencarian (SERP). Ini tips SEO dasar blog.

Berikut ini cara daftarkan blog ke Google Search Console dan submit Sitemap XML agar blog kita cepat terindeks Google.

Tips SEO: Cara Daftarkan Blog dan Sitemap ke Google Search Console

Google Search Console merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Tips SEO dasar ini ditujukan bagi blogger pemula yang baru saja membuat blog. Google memang lambat-laun akan menemukan web/blog kita, namun dengan medaftarkan langsung ke Search Console dan mendaftarkan peta situs akan membantu Google lebih cepat mengindeks web kita.

Hal itu juga resmi dikemukakan Google. "Membantu Google menemukan konten Anda," kata Google di halaman resmi Panduan SEO.

"Langkah pertama untuk menampilkan situs Anda di Google adalah memastikan bahwa Google dapat menemukannya. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengirimkan peta situs. Peta situs adalah file di situs yang memberi tahu mesin telusur tentang halaman baru atau yang diubah di situs Anda. Pelajari lebih lanjut cara membuat dan mengirimkan peta situs."

"Google menyimpan semua halaman web yang diketahuinya di indeks Google. Entri indeks untuk setiap halaman mendeskripsikan konten dan lokasi (URL) halaman tersebut. Mengindeks adalah saat Google mengambil sebuah halaman, membacanya, dan menambahkannya ke indeks."

Cara Daftarkan Blog ke Google Search Console

Sebelum mendaftarkan blog ke Google, pastikan blog Anda sudah ada isinya. Minimal 5 tulisan plus halaman statis About (Tentang), Kontak, dan Disclaimer.

1. Buka Google Search Console
2. Login dengan akun email Google yang Anda miliki.
3. Klik "Start now" (Mulai sekarang)

Daftarkan Blog ke Google Search Console

4. Anda akan masuk ke halaman dashboard Console. Klik Add property.

menambahkan property


5. Masukan URL atau alamat Website pada kolom URL Prefix. Misalnya: https://blog.romeltea.com

6. Klik ‘Continue’.

masukkan alamat blog

Blog Anda akan otomatis terverifikasi Google. 

Verifikasi Google Search Console

Jika tidak belum terverifikasi, ada berbagai pilihan verifikasi yang bisa dipilih. Memasukan HTML Tag yang diberikan, pada template blog di bawah kode <head> lalu klik ‘Verify’ dan tunggu sampai berhasil.

7. Submit URL

Agar blog cepat terindex oleh Google, setiap posting artikel baru silahkan copy URL dan masukan di kolom submit pada bagian atas.

Submit Console

8. Klik enter dan pilih ‘Request Indexing’. Tunggu hingga proses selesai.

Request Indexing


Untuk mengecek artikel sudah terindex atau belum silahkan buka Google Search, paste-kan URL artikel tadi kolom pencarian Google, jika sudah muncul berarti artikel Anda sudah terindex Google.

Jika Anda sudah mendaftarkan website ke Google Console dengan benar, tidak butuh waktu yang lama untuk artikel bisa diindex oleh Google. Dalam hitungan menit pun sudah bisa tampil dihalaman pencarian Google.

Cara Submit Sitemap ke Google Search Console

Menambahkan Sitemap (Peta Situs) merupakan penerapan SEO dasar, agar blog kita cepat dikenali Google, sebagaimana dijelaskan di atas.

Submit Sitemap ke Google Console akan memudahkan robot crawler spider Google untuk melakukan indexing. 

1. Di dashboard Google Console, silahkan scroll ke bagian tengah dan pilih menu ‘Sitemap’ (Peta Situs).

Menambahkan sitemap


2. Akan muncul kolom sitemap dan alamat blog Anda. Tinggal tambahkan sitemap.xml di belakang nama blog Anda.

Contoh:

sitemap xml

Anda juga bisa menambahkan sitemap lainnya, yaitu atom.xml jika blog Anda berupa Custom Domain.

Demikian Tips SEO cara menaftarkan blog dan sitemap ke Google Search Console agar blog cepat terindeks Google dan mendapatkan pengunjung.*

Previous
« Prev Post

No comments on Tips SEO: Cara Daftarkan Blog dan Sitemap ke Google Search Console

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *