Kenapa Template Blog Simple dan Fast Loading Penting?

Romeltea | Follow @romel_tea
Kenapa Template Blog Simple dan Fast Loading Penting


BLOG atau website kita hendaknya menggunakan desain tema atau template simple dan cepat. Mengapa? Berikut ini alasan Kenapa Template Blog harus Simple dan Fast Loading.

Simple atau sederhana karena mayoritas pengguna internet menggunakan ponsel atau HP. Desain sebagus apa pun, serumit apa pun, tampilan di HP mah gitu-gitu aja, layarnya kan terbatas. Betul?

Alasan kedua, kenapa simpla, juga terkait alasan kecepatan tampil (fast loading). Tema simple biasanya berdampak pada kecepatan loading blog karena tidak terlalu banyak kode-kode CSS, HTML, dan JavaScript.

Contoh Blog Fast Loading: Contoh Blog SEO

Alasan Harus Fast Loading

User dalam kondisi tergesa-gesa untuk membuka sebuh website atau blog. Pengguna ingin yang cepat, GPL, Gak Pake Lama. Selain itu, KUOTA juga pengaruh!

Menurut data survei, pengguna akan meninggalkan situs yang lelet, lama kebuka, alias berat.

Data Kissmetrics tentang waktu tampil (loading time) menunjukkan:
  • 73% of mobile internet users say that they’ve encountered a website that was too slow to load.
  • 51% of mobile internet users say that they’ve encountered a website that crashed, froze, or received an error.
  • 38% of mobile internet users say that they’ve encountered a website that wasn’t available.
  • 47% of consumers expect a web page to load in 2 seconds or less.
  • 40% of people abandon a website that takes more than 3 seconds to load.

Perhatikan, 40% orang akan meninggalkan situs web yang saat dibuka butuh waktu tampil lebih dari tida detik.

Makanya, Google menyarankan loading blog kita tampil di bawah 4 detik. Minimal jangan sampai semenit kali ya? Lebih cepat, lebih baik.

Menurut Search Engine Journal, programmer menjalankan lebih dari satu miliar audit PageSpeed Insights pada tahun 2018 menguji lebih dari 200 juta URL unik. 

Anda dapat menjalankan audit pada URL Anda dengan alat yang sama juga, kunjungi Google PageSpeed Insights. Hasil pengujian cukup spesifik untuk mendapatkan perkiraan dari pengembang yang kemudian dapat memperbaiki masalah kecepatan situs web Anda.

Hasil Survei Google

Google juga menegaskan pentingnya kecepatan blog atau website dalam postingannya di AI Google Blog berjudul "Speed Matters" (Masalah Kecepatan).

Disebutkan, Google telah mengumpulkan data untuk memperkuat intuisi bahwa "kecepatan penting" di Internet. 

Google menjalankan eksperimen pada halaman hasil pencarian untuk memahami dan meningkatkan pengalaman pencarian. 

Baru-baru ini, Google melakukan beberapa eksperimen untuk menentukan bagaimana reaksi pengguna saat penelusuran web membutuhkan waktu lebih lama. Google selalu memandang kecepatan sebagai keunggulan kompetitif, jadi penelitian ini penting untuk memahami keseimbangan antara kecepatan dan fitur lain yang mungkin kami perkenalkan. 

Google membagikan informasi ini kepada publik karena berharap ini akan memberikan wawasan yang lebih luas kepada orang lain tentang betapa pentingnya kecepatan sebuah halaman website.

Kecepatan yang dirasakan oleh pengguna akhir didorong oleh beberapa faktor, termasuk seberapa cepat hasil dikembalikan dan berapa lama browser menampilkan konten. 

Eksperimen Google menyuntikkan penundaan sisi server untuk memodelkan salah satu faktor ini: memperpanjang waktu pemrosesan sebelum dan selama waktu saat hasilnya dikirimkan ke browser. 

Dengan kata lain, Google sengaja memperlambat pengiriman hasil pencarian kepada pengguna untuk melihat bagaimana mereka merespons.

Eksperimen menunjukkan, memperlambat halaman hasil penelusuran sebesar 100 hingga 400 milidetik memiliki dampak terukur pada jumlah penelusuran per pengguna sebesar -0,2% hingga -0,6% (rata-rata selama empat atau enam minggu bergantung pada eksperimen). Itu 0,2% menjadi 0,6% lebih sedikit pencarian untuk perubahan di bawah setengah detik!

Selain itu, pengguna melakukan penelusuran semakin sedikit semakin lama mereka terpapar eksperimen. 

Pengguna yang terkena penundaan 200 md sejak awal eksperimen melakukan penelusuran lebih sedikit 0,22% selama tiga minggu pertama, tetapi penelusuran lebih sedikit 0,36% selama tiga minggu kedua. 

Demikian pula, pengguna yang terkena penundaan 400 mdtk sejak awal eksperimen melakukan penelusuran lebih sedikit 0,44% selama tiga minggu pertama, tetapi penelusuran lebih sedikit 0,76% selama tiga minggu kedua. 

Bahkan, jika halaman kembali ke status lebih cepat, pengguna yang melihat penundaan lebih lama membutuhkan waktu untuk kembali ke tingkat penggunaan sebelumnya. 

Pengguna yang terkena penundaan 400 md selama enam minggu melakukan penelusuran rata-rata 0,21% lebih sedikit selama periode lima minggu setelah kami berhenti menambahkan penundaan.

Meskipun angka-angka ini mungkin tampak kecil, dampak harian 0,5% adalah konsekuensi nyata pada skala pencarian web Google, atau bahkan pada skala sebagian besar situs Internet. 

Karena biaya kinerja yang lebih lambat meningkat dari waktu ke waktu dan terus berlanjut, Google mendorong perancang situs untuk berpikir dua kali untuk menambahkan fitur yang mengganggu kinerja jika manfaat fitur tersebut tidak terbukti. 

Kesimpulan, Kenapa Template Blog Simple dan Fast Loading Penting. Ini Terkait SEO dan Pengalaman Pengguna.

Template Blog Simple dan Fast Loading

Berikut ini contoh template blog simple dan fast loading: SEO Optima dan Super SEO. Template berikut ini sudah dioptimalkan kecepatan loadingnya, agar blog mendapatkan peringkat tinggi di Google.

Super SEO

Super SEO


SEO Optima

SEO Optima




Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Blogger from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram twitter youtube

Recommended Posts

No comments on Kenapa Template Blog Simple dan Fast Loading Penting?

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *