Cara Membuat Podcast - Panduan untuk Pemula

Romeltea | Follow @romel_tea
Cara Membuat Podcast - Panduan untuk Pemula


Podcast adalah konten audio berisi pembicaraan tentang topik tertentu. Mirip siaran radio, podcast bisa didengarkan di platform podcast seperti Spotify dan Google Podcast. Bagaimana cara membuat podcast?

Anchor adalah cara termudah untuk memulai podcast. Podcasting tidak harus serumit yang Anda pikirkan. Dengan Anchor, membuat podcast sangat mudah.

Pengertian Podcast

Sebelumnya, kita bahas dulu secara ringkas pengertian podcast. Podcast adalah singkatan dari iPod dan Broadcast. 

iPod adalah perangkat atau alat pemutar audio MP3. Pod sendiri singkatan dari Playable on Demand. Broadcast artinya siaran.

Jadi, podcast adalah file audio berisi suara host atau podcaster yang siaran seperti penyiar radio dan membahas topik tertentu. 

Podcast adalah media baru (new media) sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan suara atau format audio. Jika Anda menemukan podcast di YouTube, maka itu namanya video podcast (vodcast).

Membuat podcast bisa dilakukan di platform podcast, seperti Anchor. Mendengarkan podcast juga di platform podcast seperti Spotify dan Google Podcast.

Mengapa membuat podcast?

Anda memiliki sebuah cerita untuk diceritakan, dan audio adalah cara yang akrab dan menyenangkan untuk menceritakannya. Ngomong lebih mudah daripada menulis 'kan?

Pendengar merasa terhubung dengan podcast yang mereka dengarkan, dan orang-orang di dalamnya.
Sangat menyenangkan - dan sangat menyenangkan mendengar bahwa orang-orang suka mendengarkan podcast Anda.

Menurut statistik, hampir 70 juta orang Amerika mendengarkan podcast setiap bulan, dan jumlah itu terus meningkat.

Anda mungkin memperhatikan bahwa membuat podcast juga menjadi lebih populer. 

Dulu Anda membutuhkan mikrofon yang mahal, pengetahuan teknis yang mendalam, dan banyak waktu. Sekarang setelah semua orang memiliki mikrofon hebat di saku mereka (HP otomatis dilengkapi mikrofon), semua orang dapat membuat audio yang menarik dari mana saja.

Podcast merupakan salah satu konten yang favorit didengarkan saat dalam perjalanan atau menemani kesunyian. Sebagaimana mendengarkan radio, podcast bisa didengarkan sambil mengerjakan hal lain (multitasking).

Cara Membuat Podcast

Saatnya kita bahas cara membuat podcast. Lakukan langkah atau proses pembuatan podcast berikut ini.

1. Pilih Topik

Podcast adalah tentang ngomong, bicara, speech! Maka, satu pertanyaan untuk ditanyakan saat Anda memulai podcast: tentang apa acara Anda? Mau ngomongin apaan?

Anda tidak perlu menjadi ahli dalam bidang yang Anda pilih. Tapi itu harus menjadi sesuatu yang benar-benar Anda minati, dan sesuatu yang Anda suka bicarakan.

Jadi, langkah pertama untuk membuat podcast adalah memilik topik. Pilih topik yang Anda kuasai atau Anda sukai. Anda suka bola? Let's talk about football!

2. Tentukan Format

Pikirkan tentang bagaimana Anda akan memformat acara Anda. Apakah akan diselenggarakan bersama? Apakah Anda akan mewawancarai tamu atau narasumber? 

Mungkin Anda akan mengumpulkan suara dari sekitar lingkungan Anda, atau menerima pertanyaan dari pendengar. Menemukan format yang tepat untuk acara Anda adalah menemukan cara terbaik untuk menceritakan kisah Anda. 

Ingatlah bahwa Anda tidak berkomitmen pada format yang sama selamanya, tetapi menetapkan satu untuk memulai dapat menghilangkan banyak tebakan dan membuat Anda fokus untuk membuat podcast Anda berjalan. 

Jadi, langkah kedua setelah menentukan topik adalah memilih format. Pilih dulu salah satu, lalu Anda bisa kombinasikan dengan format lain.

Format podcast terdiri dari:
  1. Solo. Monolog. Anda bicara sendiri, layaknya pidato. Anda ngomong tentang topik tertentu yang Anda kuasai atau minati.
  2. Wawancara. Interview. Talkshow. Ini format podcast terpopuler. Anda wawancara atau "ngobrol" dengan narasumber yang Anda pilih.
  3. Obrolan. Conversation. Anda mengajak 1-2 teman Anda untuk podcasting. Sama-sama sebagai host atau podcaster, Anda dan teman Anda ngobrolin sebuah topik yang Anda kuasai, minati, dan menarik bagi pendengar.
3. Rekam!

Saatnya Anda merekam episode pertama Anda. Anda bisa merekam monolog, wawancara, atau obrolan Anda menggunakan Ponsel atau SmartPhone Anda. Lebih bagus lagi menggunakan mikrofon eksternal.
  • Anda bisa rekam podcast Anda di aplikasi editing audio Adobe Audition atau Audacity.
  • Setelah rekaman dan edit, upload file MP3 Anda di Anchor.
Anda juga bisa langsung membuat podcast di HP Anda. Install aplikas Anchor di HP Anda, login atau sign up, lalu mulai rekaman!

Di Anchor, podcast Anda akan secara otomatis tersedia untuk didengar orang di Anchor, segera setelah Anda menambahkan beberapa audio. 

Tetapi Anda mungkin juga ingin membuatnya tersedia di platform podcast lain, seperti Apple Podcasts (alias iTunes), Google Play Music, Overcast, Pocket Casts, Spotify, dan banyak lagi.

Dengan Anchor, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih tombol yang bertuliskan “Distribute my podcast here.” 

Anchor akan otomatis mengirimkan podcast Anda ke Apple Podcasts, Google Play Music, Overcast, dan Pocket Casts. Akan ada pemberitahuan saat podcast sudah tersedia di berbagai platform podcast. Proses ini biasanya memakan waktu antara 24-48 jam.

Cara terbaik untuk mendapatkan pijakan Anda adalah dengan mulai merekam, mendengarkan apa yang telah Anda buat, dan beralih dari sana. Anchor menghilangkan semua komplikasi teknis, jadi satu-satunya rintangan adalah mencari tahu apa yang ingin Anda katakan!

Cara Membuat Podcast di HP:
  • Unduh aplikasi seluler Anchor gratis untuk iOS atau Android dan buat akun.
  • Ketuk alat apa saja untuk menambahkan beberapa audio ke episode Anda.
  • Tambahkan keterangan dan publikasikan segmen ke podcast Anda.
  • Terus tambahkan segmen untuk menyelesaikan episode Anda. Setelah selesai, beri nama dan bagikan dengan dunia!
Jika Anda sudah memiliki audio yang ingin Anda ubah menjadi episode pertama Anda, Anda juga dapat melakukannya – cukup masuk dan unggah file Anda di anchor.fm.

Untuk membuat podcast di HP, gunakan mic eksternal agar suaranya lebih jernih. Simak perbandingan hasil mic eksternal dan mic HP berikut ini.

Podcast: Mic Eksternal vs Mic HP



4. Berbicara dengan orang lain di podcast Anda

Percakapan atau obrolan dapat membuat podcast Anda menjadi hidup, dan memberi kesempatan kepada pendengar Anda untuk ikut serta dalam diskusi yang luar biasa. 

Anchor memudahkan percakapan itu terjadi, baik Anda mengenal cohost Anda, atau Anda ingin bertemu seseorang yang baru (narasumber).

Anda dapat menggunakan fitur Rekam dengan Teman di Anchor untuk menghubungkan Anda dengan hingga 10 orang yang dapat merekam bersama. Dari mana saja di dunia, di ponsel mereka. (Ya, gratis!)

Jika Anda ingin menemukan seseorang yang baru untuk diajak bicara, cukup ketuk topik di Anchor Cohosts, dan Anchor akan memasangkan Anda dengan orang lain yang siap membicarakan hal yang sama. 

Setelah perekaman selesai, Anda masing-masing dapat menambahkan percakapan ke podcast Anda sendiri.

5. Mendistribusikan podcast Anda

Selesai rekaman dan edit, Anda langsung publikasikan podcast And untuk didengarkan di seluruh dunia.

Dengan Anchor, jika Anda memilih untuk mendistribusikan podcast Anda ke mana saja, Anchor akan secara otomatis mengirimkan podcast Anda ke platform podcast lain, seperti Apple Podcasts, Overcast, Pocket Casts, Spotify, dan banyak lagi. 

Anda hanya perlu mendistribusikan podcast Anda sekali. Setelah disiapkan, Anda dapat menyinkronkan episode mendatang ke semua platform hanya dengan satu ketukan.

6. Bagikan podcast Anda dan tingkatkan audiens Anda

Segera setelah Anda menyiapkan podcast baru, Anda pasti ingin mulai memberi tahu orang-orang tentangnya. Mulailah dengan teman dan keluarga, dapatkan umpan balik, lalu beri tahu dunia tentang pertunjukan Anda!

Bagikan profil Anchor Anda

Siapa pun yang memiliki podcast Anchor mendapatkan URL Anchor khusus (misalnya: https://anchor.fm/romeltea). 

Saat Anda membagikan tautan ini dengan orang-orang, mereka akan langsung diarahkan ke podcast Anda – baik di aplikasi seluler Anchor jika mereka telah menginstalnya, atau profil web Anchor Anda jika mereka tidak menginstalnya.

Profil Anchor Anda menyertakan tautan ke semua platform tempat podcast Anda tersedia, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang tautan mana yang akan dibagikan dengan orang lain. Mereka dapat mendengarkan di Anchor, atau di aplikasi podcast apa pun yang mereka sukai!

Sematkan podcast Anda di blog atau situs web Anda

Jika Anda sudah memiliki blog atau situs web sendiri, Anda dapat dengan mudah menyematkan podcast di sana sehingga orang dapat mendengarkan tanpa harus meninggalkan situs Anda. Ambil kode sematan dari profil web Anchor Anda atau dari dasbor Anda di web.

Buat video transkrip

Cara terbaik untuk mempromosikan episode terbaru Anda (atau bahkan episode yang akan datang) adalah dengan membagikan video yang ditranskripsi ke Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, dll. 

Dengan cara ini, meskipun orang tidak mengaktifkan suaranya, mereka masih dapat pahami apa yang ada di episode Anda dan ubah menjadi pendengar.

Anchor secara otomatis menyalin semua audio pendek (apa pun di bawah 3 menit), jadi jika Anda ingin membuat video, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih warna, meninjau transkripsi, dan membagikannya. 

Anda dapat mengekspor video dalam format persegi, potret, atau lanskap, sehingga akan terlihat bagus di platform apa pun!

7. Bagaimana membuat orang mendengarkan

Cara terbaik untuk membuat audiens Anda tetap terlibat adalah membuat episode baru secara konsisten, dan berinteraksi dengan orang-orang yang mendengarkan. Inilah cara Anchor dapat membantu.
Tetap santai

Tidak setiap episode harus panjang atau dipoles dengan cermat. Cobalah membuat konten harian kasual untuk membuat audiens Anda tertarik di antara episode yang lebih panjang. (Anda bahkan dapat menyimpan audio ekstra eksklusif untuk Anchor jika Anda mau.)

Biarkan pendengar Anda menjadi bagian dari pertunjukan

Salah satu cara untuk mengubah pendengar Anda menjadi penggemar berat adalah dengan memberi mereka cara untuk terlibat dengan podcast Anda:

Ambil pesan suara dari pendengar. Pratinjau pesan Anda dengan mudah dan tambahkan favorit Anda ke episode podcast berikutnya. Ini adalah cara yang bagus untuk dengan mudah mendapatkan lebih banyak audio untuk podcast Anda, dan membuat pendengar Anda terlibat langsung dengan acara Anda!

Pilih pendengar yang beruntung untuk merekam segmen dengan Anda. Anda dapat mengundang siapa saja yang mengikuti Anda di Anchor untuk bergabung dengan rekaman Anda.
Itu dia!

Itu dia cara membuat podcast - panduan untuk pemula. Saya sadur dari laman anchor.fm. Siap memulai podcast Anda? Go Podcasting!

Video: Salah Paham tentang Podcast

Newest
You are reading the newest post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Blogger from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram twitter youtube

Recommended Posts

No comments on Cara Membuat Podcast - Panduan untuk Pemula

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *