Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam Laptop untuk Vlogging atau Zoom Meeting

Romeltea | Follow @romel_tea

Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam Laptop

Untuk membuat video atau menjadi content creator video atau vlogger, juga untuk zoom meeting atau video conference, kita memerlukan kamera dan mikrofon.

Kedua alat vlogging untuk membuat video Youtube ini (kamera dan mic) sudah ada di HP (smartphone) dan laptop.

Jadi, jika Anda sudah punya HP dan Laptop, maka itu sudah cukup untuk membuat video. Anda bisa gunakan HP dan Laptop untuk syuting atau rekaman. HP dan Laptop kekinian tentunya sudah dilengkapi kamera dan mikrofon, dua alat utama content creator video.

HP Anda juga bisa menjadi webcam sebagai pengganti kamera Laptop. Kamera HP biasanya lebih bagus dibandingkan kamera bawaan Laptop.

Apalagi jika kamera laptop Anda rusak, maka menggunakan kamera HP adalah pilihan terbaik, jika Anda belum memiliki kamera eksternal.

Saya biasanya menjadikan kamera HP sebagai webcam di laptop dengan menggunakan aplikasi DroidCam dan disambungkan melalui wifi. Bisa juga menggunakan kabel USB. Saya juga sering menggunakan aplikasi OBS Studio untuk rekaman dan zoom meeting.

DroidCam Client adalah program Windows yang Anda butuhkan jika ingin menggunakan aplikasi Android ini. Hanya perlu beberapa langkah sederhana supaya Anda bisa menggunakan ponsel sebagai kamera web dalam program konferensi video terkenal seperti Skype, Zoom, dan lain-lain.


Berikut ini Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam Laptop untuk Vlogging atau Zoom Meeting.

Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam di PC

Berikut ini langkah yang saya lakukan untuk menggunakan kamera HP sebagai Webcam.

1. Download dan install aplikasi DroidCam

Download di HP dan di laptop. Untuk HP, buka Play Store, lalu unduh dan pasang DroidCam. Untuk pasang di laptop,download dan install aplikasi DroidCam for PC di Dev 47 Apps atau Upto Down.

Pilih aplikasi yang sesuai dengan OS yang Anda gunakan. Untuk OS Windows, maka pilih Download windows client > klik lagi tombol DroidCam client. Proses download software akan dimulai.

2. Buka aplikasi DroidCam

Setelah download dan install, buka aplikasi DroidCam di HP dan Laptop. 

Untuk menyambungkanny kamera HP ke Laptop, ada tiga pilihan koneksi, yaitu dengan WiFi LAN, Kabel, dan WiFi Server. 

Untuk koneksi dan hasil yang maksimal atau stabil, disarankan menggunakan dengan kabel (Connect over USB). Saya sendiri biasa menggunakan WiFi dengan risiko kadang koneksinya tidak stabil.

Untuk menggunakan USB, hubungkan HP dan laptop menggunakan kabel USB. Pastikan kabel USB bisa melakukan transfer data (kabel data).

3. Refresh!

Klik tombol refresh (dua panah melingkar) di aplikasi DroidCam di PC. Pastikan juga HP sedang membuka aplikasi DroidCam.

Biasanya di HP akan muncul pop-up menu yang meminta anda memberikan izin untuk USB debugging. Silakan berikan izin dengan menekan tombol Allow/Izinkan

Bila perlu, centang pilihan "always allow from this computer" agar tidak selalu ditanya setiap menghubungkan.

4. Start!

Jika berhasil menghubungkan, merek HP akan muncul di kolom pilihan device. Klik tombol Start. Jika berhasil, tangkapan kamera HP akan muncul di layar komputer/laptop.

Selesai! 

Kita bisa uji coba koneksi kamera HP ke Laptop menggunakan DroidCam ini di beberapa aplikasi video conference, seperti Zoom dan OBS Studio.

Jika orientasi kamera terbalik atau tidak sesuai posisi HP, lakukan pengaturan langsung di aplikasi utama yang digunakan seperti (Zoom/OBS). Bisa juga diatur posisi kameranya.

Demikian Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam Laptop untuk Vlogging atau Zoom Meeting. Jika memiliki kamera eksternal, tentu lebih baik. Tapi, kamera HP biasanya lebih baik dari kamera eksternal yang harganya seratusan ribu.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media dan Content Creator from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam Laptop untuk Vlogging atau Zoom Meeting

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *