Cara Mudah Mengubah Gambar Menjadi Teks - Convert Image to Text Online

Romeltea | Follow @romel_tea

Cara Mengubah Gambar Menjadi Teks


SAYA menjadi "content editor" website beberapa lembaga. Saya hanya bantu edit dan posting bahan, artikel, atau berita yang sudah dibuat oleh tim humas mereka.

Namun, seringkali bahan postingan yang mereka kirim berupa gambar, poster, atau flyer. Saya harus mengubah gambar itu menjadi teks, selain posting gambarnya.

Nah, untuk mengubah gambar jadi teks, maksunya mengekstrak teks yang ada di gambar, sehingga tidak usah ditulis ulang, maka saya menggunakan Convert Image to Text Online. Mudah banget!

Nama websitenya adalah OCR 2 Edit. Berikut ini Cara Mudah Mengbah Gambar Menjadi Teks - Convert Image to Text secara online. Tinggal siapin gambarnya, juga bisa linknya. Bisa juga mengubah gambar yang ada di Dropbox dan Google Drive.

Dengan tools online yang gratis ini, kita juga dengan mudah bisa mengubah infografis menjadi teks. Tak harus menulis atau menyalin teks yang ada.

Cara Mengubah Gambar Menjadi Teks 

Jika Anda ingin mengetahui cara mengubah gambar menjadi dokumen teks, Anda bisa gunakan alat online gratis yang memungkinkan Anda mengonversi dari gambar ke teks.

Bagaimana cara mengubah gambar menjadi teks?
  1. Buka laman OCR 2 Edit
  2. Unggah gambar Anda, baik itu PNG, JPG, GIF, atau lainnya.
  3. Pilih bahasa teks pada gambar Anda. (pilihan)
  4. Setelah mengklik "Mulai" (Start), Anda dapat mengunduh teks yang diekstraksi.
File teks yang berhasil diunduh berformat TXT yang bisa dibuka di Notepad.

Ada beberapa kasus di mana Anda mungkin ingin mengekstrak teks dari file gambar. Apa format file gambar Anda tidak masalah di sini, Anda dapat dengan mudah mengkonversi dari JPG, PNG, TIF, WEBP, dan banyak lagi.

Pemindaian: Jika Anda memindai artikel, kertas, kuitansi, faktur, dokumen apa pun, mungkin saja mereka disimpan sebagai gambar.

Tangkapan layar: Mengambil tangkapan layar halaman biasanya menghasilkan gambar PNG atau JPG.

Foto: Untuk memperhatikan presentasi, pidato, atau konferensi, seringkali lebih mudah untuk mengambil foto cepat slide atau presentasi dan kemudian mendengarkan pembicara lagi.

Untuk bekerja dengan teks, mencari kata kunci tertentu, menyalin dan menempelkan kutipan, dan menyimpan dokumen secara digital, dokumen teks lebih praktis daripada format gambar.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media dan Content Creator from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Mudah Mengubah Gambar Menjadi Teks - Convert Image to Text Online

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *