Cara Membuka CorelDraw Versi Baru dengan CDR Versi Lama

Romeltea | Follow @romel_tea

Cara Membuka CorelDraw Versi Baru dengan CDR Versi Lama. Cara Membuka File CDR Versi Terbaru dengan CDR Versi Lebih Rendah

Cara Membuka CorelDraw Versi Baru dengan CDR Versi Lama

SAYA masih menggunakan CorelDraw versi lama, X5. Jadul banget ya? Enjoy aja, toh gak suka desain yang rumit-rumit banget. 

Namun, bagaimana cara membuka CorelDraw versi baru dengan CDR versi lama? Misalnya, file Corel X8 dibuka dengan Corel X5?

Tips cara membuka CorelDraw versi terbaru dengan CDR versi lama atau membuka file corel versi tinggi dengan versi rendah ini saya buat setelah melakukannya.

Jadi begini ceritanya. Saya mendapatkan file CDR X8. Sedangkan saya hanya punya CDR X5. Gak bisa dibuka dong? Bisa sih, tapi isinya blank! Kosong. Jadi, bagaimana dong?

Cara Membuka CorelDraw Versi Baru dengan CDR Versi Lama

Ini dia  Cara Membuka CorelDraw Versi Baru dengan CDR Versi Lama. Ada dua cara. 

1. Convert ke Pdf

Ubah file Corel Versi Baru menjadi file PDF. Banyak banget situs web atau laman untuk covert online CDR ke PDF. Buka aja Google dan ketik cdr to pdf

Ada banyak pilihan, antara lain:
Saya coba convert file CDR X8 ke PDF. Eh, tampilannya gak pas. Gak sesuai dengan isi file. Entah kenapa. Gagal lah...! Maka saya coba cara kedua untuk membuka CorelDraw versi baru dengan CDR versi lama.

Eh, kalo Anda berhasil Convert CDR to PDF, filenya aman, bagus, lanjutkan ya! Caranya, buka Corel Anda, lalu IMPORT file PDF itu untuk membukanya!

2. Download CDR Terbaru 

Ini  Cara Membuka CorelDraw Versi Baru dengan CDR Versi Lama paling jitu. Saya download CorelDraw versi terbaru di laman resmi CorelDraw dan Gunakan CorelDraw Trial! 

Lumayan, gratis selama 15 hari. Lebih dari cukup untuk sekadar bisa membuka file CDR versi terbaru.

Lakukan langkah berikut ini:
  1. Download dan Install CDR terbaru di komputer/laptop Anda.
  2. Jalankan. Buka Corel yang sudah selesai diinstall tadi.
  3. Buka file CDR versi terbaru (X8 2022) 
  4. Save as ke Versi Lama! Kalau saya Save As ke CorelDraw X5
  5. Buklah file tersebut dengan Corel versi lama.
  6. Selesai.
Kalau saya, begitu file CDR versi baru tadi sudah bisa dibuka dan diubah (di-save as) versinya ke versi Corel yang saya punya, lalu Uninstall CDR Terbaru Trial yang tadi dipasang. 

Itu dia  Cara Membuka CorelDraw Versi Baru dengan CDR Versi Lama. Gampang lah! Bagusnya sih, kita install CorelDraw versi terbaru. Saat postingan ini dibuat, versi CDR terbaru adalahh X8 2022. Kalau Anda punya file-nya, bagi dong...! :)

Video: Cara Buka CorelDraw Semua Versi


Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media dan Content Creator from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Membuka CorelDraw Versi Baru dengan CDR Versi Lama

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *