Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini? Apakah orang masih membaca blog?

Romeltea | Follow @romel_tea

Apakah blogging masih relevan di tahun 2022? Bukankah Vlogging atau jadi Youtuber, Podcasting, dan media sosial lebih populer saat ini dari blog?

Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini? Apakah orang masih membaca blog?


Blog kini ada dua jenis, yaitu blog pribadi (personal blog) dan blog bisnis (business blog). 

Blog Pribadi

Blog pribadi yaitu website perorangan yang biasa dibuat di platform blog gratis seperti Wordpress dan Blogger (Blogspot). 

Para blogger biasa mengisi blognya dengan tulisan ringan. Mereka berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan gaya tulisan bebas, seperti esai (essay) --karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya.

Popularitas blogging jenis ini kini pudar dengan Vlogging dan Podcasting. 

  • Vlogging adalah membuat konten video (vlog) dan umumnya diupload di Youtube atau TikTok. 
  • Podcasting adalah membuat konten audio (podcast) dan dipublikasikan di Anchor atau Spotify. 

Jika yang dimaksud adalah personal blog, maka mungkin ngeblog sudah tidak semarak dulu. Seingat saya, blogging dalam pengertian blog pribadi ngetren antara tahun 2000-2015.

Blog Bisnis

Blog bisnis adalah halaman khusus di website lembaga atau perusahaan untuk pemasaran konten (content marketing) --bagian dari strategi pemasaran online atau digital marketing.

Guna mendongkrak popularitas dan trafi pengunjung web utama, blog bisnis dilakukan dengan membuat konten tulisan beragam tema yang aktual dan menarik. 

Blog bisnis merupakan halaman blog yang berusaha untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis. Misalnya, meraih pasar yang lebih luas. Atau untuk bisa menarik audiens untuk membeli sebuah produk ataupun jasa. Intinya blog bisnis adalah untuk memanfaatkan internet sebagai bagian dari bisnis.

Aktivitas ngeblog untuk marketing ini disebut business blogging atau corporate blogging. Dalam literatur digital marketing, juga digital skill, blogging for business ini selalu masuk dalam pembahasan.

Apakah Blogging Masih Relevan?

Jadi, apakah blogging masih relevan saat ini? Jawabnya adalah masih! Baik dalam pengertian blog pribadi maupun --dan apalagi-- blog bisnis.

Blog pribadi berperan penting dalam kehadiran online, reputasi online, personal branding, dan banyak lagi! Simak 20 Manfaat Blog.

Dalam konteks blog bisnis, jawabanya "Ya banget!".  Ya! Blogging benar-benar masih relevan saat ini dan semakin penting di era digital marketing ini.

Faktanya, sekitar 409 juta pengguna internet membaca sekitar 20 miliar halaman blog setiap bulan.

Inilah sebabnya mengapa 53% pemasar memprioritaskan blogging sebagai strategi pemasaran konten utama mereka.

Selanjutnya, blogging terus berkembang dengan peningkatan 12% dalam 5 tahun terakhir.

Bahkan, dalam konteks bisnis, blog pribadi juga masih relevan. Pasalnya, membangun hubungan yang kuat dengan audiens target Anda sangat penting dalam pemasaran.

Cara terbaik untuk menghubungkan mereka adalah dengan menghubungkan mereka secara pribadi. Sebagian besar audiens berinteraksi dan terlibat dengan sesuatu yang dapat mereka hubungkan secara pribadi.

Oleh karena itu, blog pribadi masih penting dan dianggap sebagai salah satu jenis blog paling populer.

Apakah orang masih membaca blog?

Orang, tidak dapat disangkal, masih membaca blog. Faktanya, 77% pengguna internet di seluruh dunia suka membacanya.

Orang-orang di Amerika Serikat saja membaca blog 3X lebih banyak daripada email. Akibatnya, jumlah blogger di AS diperkirakan meningkat menjadi 31,7 juta tahun ini dari 31,2 juta tahun lalu.

Blogging pun tidak mati dan akan tetap relevan untuk beberapa waktu. Blog sangat kuat dan merupakan sumber informasi paling andal ke-5 di internet.

Pembaca mempercayai apa yang mereka baca di posting blog. Statistik menunjukkan bahwa 63% konsumen telah membeli barang karena direkomendasikan dalam posting blog.

Blogging akan selalu bermanfaat terutama jika Anda menemukan niche yang Anda sukai. Baik itu untuk merek (brand), bisnis, atau untuk alasan pribadi, blogging akan selalu memberi Anda hasil.

Blogging adalah outlet yang bagus untuk blogger yang ingin mendidik, memberikan saran, berbagi pengalaman dan pemikiran pribadi, dan mengiklankan merek/bisnis mereka. (Source).*


Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Blogger from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram twitter youtube

Recommended Posts

Related Posts

No comments on Apakah Blogging Masih Relevan Saat Ini? Apakah orang masih membaca blog?

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *