Cara Membuat Blog Gratis di Blogger - Panduan Lengkap Plus SEO

Romeltea | Follow @romel_tea

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger - Panduan Lengkap Plus SEO

MAU bikin blog alias website pribadi? Anda bisa membuatnya di Blogger milik Google. 

Berikut ini link cara membuat blog gratis di Blogger - panduan lengkap blogging plus SEO.

  1. Cara Membuat Blog di Blogger
  2. Cara Memilih Nama Blog
  3. Cara Ganti Template Blog
  4. Koleksi Template Blog SEO Friendly
  5. Tips SEO Dasar untuk Blogger Pemula
  6. Cara Mengisi Blog, Menulis Postingan

Dengan mengikuti panduan di atas, insya Allah, blog Anda akan bagus. Terpenting niat ngeblognya kuat. Ada willingness to blog.

Keuntungan Blogging

Apa sih untungnya ngeblog? Berikut ini penjelasan Firts Guides tentang benefit of blogging.

Ketika blog dan blogging dimulai, tujuan awalnya adalah agar orang bisa berbagi pengalaman atau pengetahuan secara online. Blog mirip dengan jurnal online. 

Selama dekade terakhir, blogging telah berkembang dari memiliki tujuan yang lebih pribadi menjadi lebih profesional. 

Alih-alih para blogger hanya blogging untuk teman dan keluarga mereka, blogging mulai mencakup profesional blogging untuk umum --untuk mempromosikan merek pribadi (personal brand) dan merek bisnis (business brand) mereka. 

Alasan utama orang membuat blog

Kenapa orang ngeblog?

1. Untuk berbagi gairah mereka

Ketika Anda bersemangat tentang sesuatu, Anda ingin membaginya dengan dunia. Baik itu hasrat untuk memancing, fotografi, atau pemasaran, blogging adalah cara terbaik untuk membagikan hasrat itu. 

Ketika Anda membuat blog tentang sesuatu yang Anda sukai, itu membuka pintu untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia yang berbicara bahasa Anda dan memiliki hasrat yang sama.

2. Untuk mendidik orang lain

Jika Anda adalah seseorang yang suka mengajar, blogging bisa menjadi platform untuk mengajar orang-orang yang tertarik dengan bidang keahlian Anda. 

Melalui blogging, Anda tidak hanya akan mengajari orang lain, tetapi Anda juga akan lebih banyak mengajari diri sendiri tentang topik tersebut. 

Anda akan belajar karena Anda akan selalu mencari lebih banyak hal untuk diajarkan kepada pembaca Anda. Mengajar melalui blogging secara alami dapat mengarah pada monetisasi dengan menciptakan produk informasi online.

3. Untuk mendapatkan eksposur

Pemilik bisnis yang blog meningkatkan eksposur untuk bisnis mereka dalam beberapa cara. Membuat konten blog secara teratur untuk situs web Anda memberi Google sesuatu yang baru untuk diindeks, sehingga meningkatkan visibilitas situs web Anda di hasil pencarian. 

Membuat konten blog untuk publikasi lain di industri Anda memberikan kesempatan kepada audiens baru yang relevan untuk menemukan Anda dan bisnis Anda. Eksposur ini memberi Anda lebih banyak lalu lintas pengunjung (trafik) yang dapat Anda konversi menjadi prospek dan pelanggan.

4. Untuk membangun otoritas

Bagi mereka yang ingin berbicara di acara-acara di industri mereka atau menjadi penulis, blogging adalah platform yang dapat Anda gunakan untuk membangun otoritas. 

Saat Anda membuat blog tentang ceruk yang paling Anda ketahui, orang akan mulai mengenali Anda sebagai otoritas di ceruk itu. Pengakuan ini akan mengarah pada wawancara, podcast, dan akhirnya undangan untuk berbicara dan kontrak untuk menerbitkan buku.

5. Untuk peringkat di Mesin Pencari

Seperti disebutkan sebelumnya, blog Anda memberi Google konten baru untuk diindeks secara teratur. Anda dapat menggunakan setiap konten untuk menentukan peringkat kata kunci tertentu yang akan menarik audiens target Anda ke situs web Anda. 

Untuk bisnis, kombinasi halaman web statis dan posting blog memungkinkan mereka untuk menargetkan kata kunci komersial (yang menarik pelanggan) serta kata kunci non-komersial (yang menarik pencari informasi). Baik audiens – pelanggan dan pencari informasi – dapat mengarah pada bisnis baru.

6.  Untuk memiliki konten untuk dibagikan

Audiens media sosial lebih mudah menerima posting blog daripada iklan atau halaman penjualan, dan juga lebih cenderung berbagi posting blog dengan koneksi mereka daripada iklan atau halaman penjualan. 

Dengan membuat konten blog, Anda memberi diri Anda lebih banyak untuk dibagikan di profil media sosial Anda, dan Anda memberi pengunjung Anda sesuatu untuk dibagikan ketika mereka mengunjungi situs web Anda. 

Berbagi konten Anda secara sosial akan meningkatkan eksposur ke audiens target Anda dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas masuk.

Posting blog juga memberi Anda cara non-penjualan untuk mempromosikan bisnis Anda. Jika seseorang meminta untuk melakukan sesuatu di jejaring sosial, Anda dapat dengan mudah membalas dengan posting blog. 

Berbeda dengan membalas dengan halaman penjualan untuk produk atau layanan Anda, membalas dengan posting blog akan terlihat bermanfaat dan secara alami akan mengarahkan orang tersebut ke produk dan layanan Anda, terutama jika Anda memasukkan ajakan bertindak yang baik di akhir setiap dari posting Anda.

15 manfaat nyata dari blogging

Blogging telah membantu banyak orang dan perusahaan selama 10-15 tahun terakhir. Memang benar bahwa lebih dari dua dekade yang lalu, blogging hampir tidak ada. Saat ini, ada jutaan blog online di seluruh dunia!

Tapi, kami masih gelisah mencoba meyakinkan orang tentang manfaat blogging. Meskipun menghasilkan uang secara online bukanlah tujuan utama, blog dapat membantu dalam banyak cara lain. Mari kita lihat semua bonus yang didapat blogger.

1. Anda dapat mengelola identitas online Anda dan membangun kepercayaan

Baik orang dan bisnis memiliki informasi mereka diposting secara online. Apa yang terjadi kemudian ketika seseorang mencari nama Anda? 

Salah satu keuntungan blog adalah memungkinkan Anda membangun dan mengontrol identitas online Anda.

Selain profil jejaring sosial, orang yang mencari nama Anda dapat menemukan blog atau halaman penulis Anda di blog lain. Informasi itu akan membantu orang mengenal Anda lebih baik dengan membaca karya Anda.

2. Anda akan belajar hal-hal baru

Anda tidak hanya mengajar orang lain saat Anda membuat blog. Anda belajar juga. Pada awalnya, Anda akan belajar lebih banyak tentang niche Anda karena Anda perlu mendidik diri sendiri untuk mengajar orang lain. Anda juga akan belajar banyak tentang bidang lain,seperti pemasaran online, apa pun yang Anda tulis.

Suka atau tidak suka, ada sejumlah pengetahuan pemasaran yang Anda perlukan untuk meningkatkan lalu lintas ke blog Anda. Pengetahuan Anda tentang pemasaran email, pemasaran mesin pencari, dan pemasaran media sosial akan terus berkembang.

3. Anda akan meningkatkan keterampilan menulis Anda

Semakin banyak Anda melakukan sesuatu, semakin baik Anda dalam keterampilan itu. Menulis tidak terkecuali. Bahkan jika Anda tidak mulai belajar menulis, tulisan Anda akan semakin meningkat jika Anda melakukannya. 

Anda bahkan dapat berinvestasi dalam alat pemeriksa tata bahasa, seperti Grammarly, untuk membantu Anda dengan dasar-dasar penulisan, tanda baca, ejaan, struktur kalimat, dan gaya saat Anda menulis.

Bahkan Anda yang tidak fokus pada konten tertulis, seperti podcaster dan video blogger, akan meningkatkan keterampilan menulis Anda melalui blogging. 

Bagaimana? 

Anda harus menulis deskripsi untuk podcast dan video Anda sendiri. Dan Anda harus berinteraksi dengan pelanggan blog Anda di komentar untuk podcast dan video yang Anda publikasikan.

4. Anda bisa menjadi mahir dalam bahasa baru

Berbicara tentang belajar dan meningkatkan keterampilan Anda, jika Anda ingin belajar bahasa kedua, blogging adalah cara yang tepat. Anda yang menulis blog dalam bahasa non-bahasa ibu akan menjadi lebih mahir dalam bahasa tersebut.

Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain yang berbicara bahasa baru melalui komentar dan keterlibatan media sosial. Anda tidak hanya akan menulis lebih baik dalam bahasa itu, tetapi Anda dapat mulai berbicara lebih baik ketika diundang untuk mengambil bagian dalam wawancara audio atau video.

5. Anda bisa mendapatkan pengetahuan teknis

Disengaja atau tidak, Anda akan belajar kosa kata baru. Selain itu, sistem, alat, dan metode terkait teknologi saat melalui proses penyiapan dan pengembangan blog.

Itu tidak harus berupa bahasa pemrograman atau keahlian desain web profesional. Saat ini ada banyak alat dan proses semi-otomatis yang tersedia secara online untuk orang baru di internet. Dan Anda dapat mempelajari cara menggunakannya dengan membaca informasi online atau menonton video tutorial.

6. Anda akan terhubung dengan orang baru

Salah satu manfaat terbesar dari blogging adalah terhubung dengan orang lain. Anda tidak hanya menumbuhkan beberapa pengikut di jejaring sosial atau daftar email. Anda membangun hubungan yang tulus. Anda berteman dengan orang-orang yang tidak akan Anda temui sebaliknya.

Sesuatu yang mengejutkan banyak orang adalah mereka mengembangkan basis penggemar melalui blogging. 

Jika Anda menghadiri acara di industri Anda, Anda akan dikenali oleh orang-orang yang belum pernah Anda temui. Mereka akan berterima kasih atas semua pekerjaan hebat yang telah Anda lakukan. Terutama orang-orang yang Anda temui di awal perjalanan blogging Anda. Mereka akan menjadi penggemar Anda yang paling setia jika Anda terus memupuk hubungan Anda dengan mereka.

7. Anda akan dinyatakan sebagai ahli

Pakar sejati tidak perlu menyebut diri mereka ahli. Orang lain akan melakukannya untuk Anda. 

Saat Anda dikenal di niche Anda, Anda akan diundang untuk mengambil bagian dalam wawancara dan posting blog yang mengumpulkan tip atau saran ahli. Yang terakhir akan menempatkan Anda di perusahaan ahli lain di niche Anda dan membantu Anda lebih sering dicap sebagai ahli.

Salah satu kunci untuk mendapatkan pengakuan ahli adalah selalu membantu. Meskipun Anda tidak ingin mulai menawarkan layanan konsultasi gratis, Anda ingin membantu sebanyak mungkin orang dengan cara yang kecil. Menjawab pertanyaan di sana-sini akan membuat lebih banyak orang menghormati Anda.

8. Anda akan diundang untuk berbicara

Langkah selanjutnya setelah pengakuan sebagai ahli di niche Anda adalah diundang untuk berbicara di acara industri terkait. Ini mungkin dimulai dengan undangan untuk duduk di panel tamu, atau mungkin permintaan langsung untuk mengadakan sesi Anda.

Berbicara dapat membantu Anda terus meningkatkan reputasi Anda sebagai ahli di bidang Anda. Anda mendapatkan kredibilitas instan ketika Anda dapat mengatakan bahwa Anda telah berbicara di acara-acara populer. Bagi mereka yang mencari lebih banyak cara untuk menghasilkan uang, Anda dapat mulai mengenakan biaya untuk pertunangan berbicara.

9. Anda bisa menjadi penulis

Blog Anda adalah portofolio Anda. Blogger yang memiliki wawasan menarik, keterampilan menulis yang luar biasa, dan audiens yang besar memiliki keuntungan jika ingin menjadi penulis yang diterbitkan. 

Banyak blogger top yang diakui oleh perusahaan penerbitan dan sering menawarkan penawaran buku. Yang lain telah dapat mengirimkan penawaran ke perusahaan penerbitan untuk mendapatkan kesepakatan untuk buku-buku yang ingin mereka tulis.

Jika Anda ingin diperhatikan oleh penerbit, pertama-tama lakukan riset tentang penerbit yang kemungkinan besar tertarik dengan buku dalam niche Anda. Lihatlah blogger lain yang telah menulis buku di niche Anda dan lihat siapa yang menerbitkannya. Kemudian mulailah berinteraksi dengan perusahaan penerbitan di media sosial untuk mendapatkan radar mereka.

10. Anda akan menerima tawaran pekerjaan

Blogging di ceruk yang terkait dengan bisnis dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan. Bisnis yang menyadari manfaat pemasaran konten selalu mencari karyawan yang dapat membuat konten yang menarik. Saat Anda berjejaring dengan orang lain di ceruk pasar Anda, kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan orang-orang yang direkrut membuka lowongan pekerjaan.

Jika Anda berada di pasar untuk pekerjaan, profesionalisme adalah kuncinya. Blog dan profil sosial publik Anda harus bebas dari apa pun yang dapat menunjukkan hal negatif kepada Anda. Itu termasuk foto-foto pesta mabuk atau kata-kata kasar tentang majikan Anda saat ini.

11. Anda dapat memulai bisnis baru

Dalam beberapa situasi, sebuah blog mungkin dimulai sebagai hobi hanya untuk berkembang menjadi bisnis penuh waktu dan bergaji tinggi. Misalnya, Pat Flynn membuat blog Green Exam Academy untuk berbagi pendapat dan pemikirannya tentang arsitektur. 

Setelah diberhentikan dari pekerjaannya, dia memutuskan untuk serius ngeblog. Bagaimana ini mengubah hidupnya?

Blognya berubah menjadi bisnis nyata, dan dia bisa mencari nafkah darinya. Kisah Flynn adalah salah satu di antara banyak orang yang telah memulai bisnis yang sukses melalui blogging.

12. Anda dapat menjual lebih banyak produk

Apakah Anda menjalankan situs web bisnis Anda sendiri? Blogging akan membantu Anda menjual lebih banyak. 

Yang harus Anda lakukan adalah membuat konten yang mengarahkan pembaca untuk tertarik dengan produk dan layanan Anda. Promosikan konten Anda ke pelanggan ideal Anda, dan Anda akan menemukan bahwa Anda mulai menangkap prospek dan menutup lebih banyak penjualan.

Menjual lebih banyak berlaku untuk produk dan layanan yang Anda tawarkan, serta beberapa penawaran afiliasi. Untuk penjualan produk afiliasi, aturan yang sama berlaku. 

Tulis posting blog yang mengarahkan pembaca untuk terlibat dengan item yang mungkin ditawarkan oleh bisnis lain. Dan Anda bisa menerima komisi dari mereka.

13. Anda bisa mendapatkan umpan balik langsung

Tidak masalah jika Anda menjalankan blog atau blog pribadi untuk perusahaan tempat Anda bekerja, blogging akan membantu Anda mendapatkan umpan balik dari penggemar dan pelanggan. 

Itu bisa negatif atau positif, tetapi penting untuk mengetahui pendapat orang tentang konten yang Anda keluarkan.

Sebagai seorang blogger, Anda bisa membaca komentar pada hari yang sama Anda memposting konten. Ini membantu Anda untuk menerima umpan balik yang hampir instan dan mendapatkan gambaran tentang kinerja konten Anda.

14. Anda akan membuat lebih banyak blog atau menulis di blog lain

Kebanyakan blogger tidak berhenti di satu blog. Beberapa blogger yang memulai dengan blog khusus niche berkembang menjadi blogging tentang proses blogging itu sendiri. 

Yang lain menangani niche menghasilkan uang secara online ketika blog niche mereka menjadi sukses. Atau, blogger yang memulai dengan blog yang sangat umum dapat bercabang menjadi blog khusus niche.

Jika Anda ingin memulai blog baru, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana membuat blog baru Anda sukses. 

Dengan semua cobaan dan kesalahan yang Anda lalui dengan blog pertama Anda. Pengetahuan ini akan membantu Anda membuat blog baru Anda sukses dalam waktu yang lebih singkat. Dan membantu Anda mengalami semua manfaat di atas lagi atau lebih mendalam.

15. Blogging bisa memberi Anda kebebasan

Blogging memberi Anda hak untuk bekerja dari lokasi mana pun dan kapan pun. Selain itu, Anda juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai! 

Habiskan lebih banyak waktu dengan keluarga Anda, lakukan kegiatan olahraga dan ambil bagian dalam program pengembangan masyarakat.

Jika Anda suka bepergian, blogging juga membantu Anda pergi dan melihat keindahan dunia. Anda dapat melakukan semua ini sambil tetap menikmati hidup sederhana dari blogging!

Apakah Anda siap untuk memulai blog Anda sendiri?

Membuat blog pribadi dapat dilakukan dengan sangat cepat. Anda harus memilih nama untuk blog Anda terlebih dahulu. Ini adalah salah satu langkah terpenting saat memulai blog baru.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Blogger from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram twitter youtube

Recommended Posts

No comments on Cara Membuat Blog Gratis di Blogger - Panduan Lengkap Plus SEO

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *