Celana Sirwal Nyaman untuk Sholat dan Sehari-Hari

Romeltea | Follow @romel_tea
Celana Sirwal Nyaman untuk Sholat dan Sehari-Hari

TAHUKAH Anda, apa itu celana sirwal? Saya tulis postingan soal celana sirwal ini setelah membelinya di e-commerce, dua biji, buat persiapan shalat tarawih. 

Pembelian kedua kalinya. Dulu beli celana sirwal ukuran L, ternyata terlalu ngepas. Saya beli lagi dua sekaligus, ukuran XL, pas, nyaman!

Celana sirwal nyaman untuk sholat dan sehari-hari. Disebut juga celana cingkrang dan celana pangsi, celana sirwal merupakan salah satu fashion pria muslim dengan model longgar berkesan sedikit cingkrang (panjangnya di atas mata kaki). 

Jadi, celana sirwal adalah celana panjang yang ujungnya menggantung di atas mata kaki.

Celana ini juga semodel dengan celana untuk silat atau bela diri lainnya. Celana model ini sangat cocok untuk dipakai sholat dan sangat nyaman, apalagi kalau bahannya bagus, halus, dan tentu jika harganya mahal.

Harga celana sirwal di e-commercer beragam. Mulah harga 30-ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Model dan warnanya pun beragam. 

Model standar celana sirwal adalah sama seperti halnya celana panjang kebanyakan, namun memiliki ciri khusus, yaitu panjang kainnya tidak melebihi mata kaki (biasanya antara betis dan mata kaki).

Karenanya, celana sirwal ini juga dikenal dengan sebutan celana cingkrang, celana ngatung, celana sontog, celana pangsi, celana pensil, dan celana laa isbal.

Arti Sirwal

Celana sirwal disebut juga celana laa ssbal? Kok kayak bahasa Arab?

Iya benar! La Isbal artinya tidak menutupi atau melebihi mata kali. Karenya disebut juga celana cingkrang. Secara bahasa, cingkrang artinya "terlalu pendek" (KBBI)

Kata atau istilah sirwal sendiri tidak ada di KBBI. Kata ini memang merupakan bahasa Arab, sirwalun, yang artinya "celana" (Sumber).

Macam-Macam Celana Sirwal

Celana sirwal tidak hanya bisa dipakai untuk shalat, melainkan juga aktivitas lainnya di luar ibadah. Bahkan, belakangan model celana sirwal jadi salah satu tren fesyen celana pria. 

Mengutip laman Samase House, secara umum jenis-jenis celana sirwal bisa dibedakan menjadi:
  1. Sirwal Office, diperuntukkan untuk aktifitas formal seperti bekerja.
  2. Sirwal Cargo, diperuntukkan untuk aktitas di luar ruangan (outdoor).
  3. Sirwal Jogger, diperuntukkan untuk aktifitas non formal seperti bermain.
  4. Sirwal Army, model sirwal yang mirip seperti tentara (loreng).
  5. Sirwal Boxer, model sirwal yang mirip seperti celana karate.
Untuk material yang digunakan dalam sirwal ada beberapa seperti misalnya Twill Stretch, Twill Tokai, Twill Denim, Twill Powder, Two Tone, Cotton Corduroy, Cotton Herringbone, Ripstop, Semi Woll dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan dalam hal warna yang umumnya tersedia adalah hitam, putih, biru, abu-abu, coklat, bahkan merah dan "loreng"

Ilustrasi atau gambar celana sirwal yang saya pasang di atas adalah gambar produk celana sirwal di Tokopedia yang saya beli.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Blogger from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram twitter youtube

Recommended Posts

No comments on Celana Sirwal Nyaman untuk Sholat dan Sehari-Hari

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *