Dear Seller Marketplace, Komunikasi Itu Penting, Fast Response Ya!

Romeltea | Follow @romel_tea
Dear Seller Marketplace, Komunikasi Itu Penting, Fast Response Ya!


Seler: udah otw kang, duh maaf y Ka lama nunggu. makasih, jangan kapok ya Ka.

Saya: Oke.. gak.. gakkan kapok, terpenting ada komunikasi (respons). That's good!

Seller: asshiiapp Ka, Terimakasih.. dtunggu nextordernya.

Itu cuplikan chat saya dengan seller toko online di marketplace Tokopedia. Ceritanya, saya order sesuatu dengan pengiriman GoSend Instant.

Saya gunakan fitur atau fasilitas Chat. Tanya Penjual. Tanya kesediaan produk jam 12.42 WIB. Gak ada jawaban. Tanya lagi jam 13.15. Gak ada jawaban.

Baiklah. Saya bersabar. Tak selama seller di marketplace itu online kan. Sebagaimana tak selamanya mendung itu kelabu :)

Karena memang butuh produknya, tiga menit kemudian saya order, langsung bayar, dengan pengiriman instan (bebas ongkir soalnya, hehe..).

Seller baru menjawab sejam kemudian, jam 14.03. Sayangnya, jawabannya mengecewakan: "paling besok pagi Kak. tp klo sempat hr ni sya kirim".

Saya jawab, "Itu pengirimannya pake GoSend Instan ya.... harusnya sore ini sudah nyampe.. Nuhun...."

Ngilang lagi! Baru jawab sejam kemudian. Dia bilang, akan diusahakan kirim segera.

Jika saya tidak butuh banget dan ada alternatif produk lain, pasti sudah saya batalkan ordernya. Membatalkan order sering saya lakukan jika seller lama banget (lebih dari sejam) merespons chat saya atau tak kunjung konfirmasi dan proses.

Dari kasus di atas, saya sebagai buyer (pembeli) punya "saran" buat seller Tokopedia dan marketplace lainnya. Intinya, Komunikasi Itu Penting, Fast Respons Ya!

Komunikasi adalah kunci sukses dalam banyak hal, mungkin juga di segala hal.

Seperti jawaban saya, terpenting ada komunikasi. Mau lambat kirim atau lambat proses, gak terlalu masalah, asalkan ada komunikasi.

Dalam 1-2 bulan terakhir ini, saya kok "keranjingan" belanja online. Saya belanja di Tokopedia. Soalnya bayar sering pake GoPay. Akun Tokopedia dan GoPay saya kan tersambung. Secara Tokopedia dan Gojek 'kan sudah bersatu jadi Goto.

Saya banyak belanja kebutuhan studio mini untuk rekaman atau syuting. Ceritanya saya mulai coba-coba menekuni vlogging. Jadi Youtuber lah...!

Saya belanja alat secara online karena lebih murah. Sebagai "member gold" saya juga banyak dapat kupon diskon, bebas ongkir, hinga cashback. Jadi lebih murah juga kan?

Saya beli di Tokopedia, mulai dari Laptop, kamera, mikrofon, ring light, hingga tanaman hias (bunga) buat mempercantik ruangan.

Saya jadi banyak tahu cara belanja online yang aman dan nyaman. Saya sering cukup lama melihat-lihat sebuah produk, mulai dari harganya, penjualnya, dan terutama review atau ulasannya.

Nah, review ini sangat penting, terutama bagian foto. Jika pembeli menyertakan foto, maka itu sangat membantu calon pembeli lain.

Sering 'kan, gambar di etalase berbeda dengan aslinya. Bahkan mereknya kadang beda dengan yang dikirim.

Kembali ke topik, komunikasi itu penting banget ya, Seller! Toko online idealnya ya... online terus sellernya dong! Jangan sampai telat jawab Chat.

Benar, ada jam operasional. Tapi 'kan namanya toko online idealnya "on" terus selama 24 jam. Kan kita tidak tahu, kapan pembeli akan melakukan order. Bisa pagi, sore, malam, bahkan dini hari!

Demikian. Semoga cerita "receh" ini bermanfaat bahi seller dan buyer di marketplace, khususnya di Tokopedia. Wasalam.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Blogger from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram twitter youtube

Recommended Posts

No comments on Dear Seller Marketplace, Komunikasi Itu Penting, Fast Response Ya!

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *