Dear Seller Toko Online Marketplace, Komunikasi Itu Penting, Fast Response Ya!

Romeltea | Follow @romel_tea

Dear Seller Marketplace, Komunikasi Itu Penting, Fast Response Ya!


Seler: udah otw kang, duh maaf y Ka lama nunggu. makasih, jangan kapok ya Ka.

Saya: Oke.. gak.. gakkan kapok, terpenting ada komunikasi (respons). That's good!

Seller: asshiiapp Ka, Terimakasih.. dtunggu nextordernya.


Itu cuplikan chat saya dengan seller toko online di marketplace Tokopedia. Ceritanya, saya order sesuatu dengan pengiriman GoSend Instant.

Saya gunakan fitur atau fasilitas Chat. Tanya Penjual. Tanya kesediaan produk jam 12.42 WIB. Gak ada jawaban. Tanya lagi jam 13.15. Gak ada jawaban.

Baiklah. Saya bersabar. Tak selama seller di marketplace itu online kan. Sebagaimana tak selamanya mendung itu kelabu :)

Karena memang butuh produknya, tiga menit kemudian saya order, langsung bayar, dengan pengiriman instan (bebas ongkir soalnya, hehe..).

Seller baru menjawab sejam kemudian, jam 14.03. Sayangnya, jawabannya mengecewakan: "paling besok pagi Kak. tp klo sempat hr ni sya kirim".

Saya jawab, "Itu pengirimannya pake GoSend Instan ya.... harusnya sore ini sudah nyampe.. Nuhun...."

Ngilang lagi! Baru jawab sejam kemudian. Dia bilang, akan diusahakan kirim segera.

Jika saya tidak butuh banget dan ada alternatif produk lain, pasti sudah saya batalkan ordernya. Membatalkan order sering saya lakukan jika seller lama banget (lebih dari sejam) merespons chat saya atau tak kunjung konfirmasi dan proses.

Dari kasus di atas, saya sebagai buyer (pembeli) punya "saran" buat seller Tokopedia dan marketplace lainnya. Intinya, Komunikasi Itu Penting, Fast Respons Ya!

Komunikasi adalah kunci sukses dalam banyak hal, mungkin juga di segala hal.

Seperti jawaban saya, terpenting ada komunikasi. Mau lambat kirim atau lambat proses, gak terlalu masalah, asalkan ada komunikasi.

Dalam 1-2 bulan terakhir ini, saya kok "keranjingan" belanja online. Saya belanja di Tokopedia. Soalnya bayar sering pake GoPay. Akun Tokopedia dan GoPay saya kan tersambung. Secara Tokopedia dan Gojek 'kan sudah bersatu jadi Goto.

Saya banyak belanja kebutuhan studio mini untuk rekaman atau syuting. Ceritanya saya mulai coba-coba menekuni vlogging. Jadi Youtuber lah...!

Saya belanja alat secara online karena lebih murah. Sebagai "member gold" saya juga banyak dapat kupon diskon, bebas ongkir, hinga cashback. Jadi lebih murah juga kan?

Saya beli di Tokopedia, mulai dari Laptop, kamera, mikrofon, ring light, hingga tanaman hias (bunga) buat mempercantik ruangan.

Saya jadi banyak tahu cara belanja online yang aman dan nyaman. Saya sering cukup lama melihat-lihat sebuah produk, mulai dari harganya, penjualnya, dan terutama review atau ulasannya.

Nah, review ini sangat penting, terutama bagian foto. Jika pembeli menyertakan foto, maka itu sangat membantu calon pembeli lain.

Sering 'kan, gambar di etalase berbeda dengan aslinya. Bahkan mereknya kadang beda dengan yang dikirim.

Kembali ke topik, komunikasi itu penting banget ya, Seller! Toko online idealnya ya... online terus sellernya dong! Jangan sampai telat jawab Chat.

Benar, ada jam operasional. Tapi 'kan namanya toko online idealnya "on" terus selama 24 jam. Kan kita tidak tahu, kapan pembeli akan melakukan order. Bisa pagi, sore, malam, bahkan dini hari!

Gak Jadi Kasih Bintang Satu

Update. Satu lagi pengalaman komunikasi dengan seller toko online di Tokopedia. Saya gak jadi kasih bintang satu dan review (ulasan) buruk bagi seller bunga plastik berikut ini. Berkat adanya komunikasi via chat di Tokopedia.

Saya: Maaf mau tanya, kok lama sekali ya proses pengirimannya? Order jam 09.33 baru dikirim jam 15:48. Padahal GoSend Instant lho...

Seller: Yaa kak, mohon maaf.. 🙏 kebetulan hari ini agak banyak pesanan dan harus d rangkai, jadi pengiriman sesuai pesanan yg masuk dulu.. dan punya kaka pot kayu nya harus difinishing lagi jd baru bisa terkirim sore setelah beresin pesanan yg sebelumnya.. sekali lagi mohon maaf dan mohon maklum, usahanya masih kecil2an sendirian.. 🙏

Biasanya kalo lagi kosong pesanan, 15-20 menit sejak pesanan baru masuk sudah terkirim terutama gosend instant.. Tetapi karena usahanya masih sendirian kadang suka ada kendala, misal ada pesanan sebelum nya yg belum beres, ada tamu/pembeli yg dtg ke rumah, dll..

Sementara ini sy belum sanggup kalo mempekerjakan karyawan kak.. sekali lagi mohon dimaklum..
Terima kasih.. 🙏

Saya: Oh... I see.... Terima kasih atas penjelasannya...

Seller: sama2 kak.. terima kasih untuk pertanyaan nya, semoga k depan nya sy bisa lebih baik lagi pelayanan nya.. terima kasih juga untuk pesanan nya.. 🙏

Demikian. Semoga cerita "receh" ini bermanfaat bahi seller dan buyer di marketplace, khususnya di Tokopedia. Wasalam.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Dear Seller Toko Online Marketplace, Komunikasi Itu Penting, Fast Response Ya!

Post a Comment

No Spam, Please!