Apa Itu Purchase BSI Jalin NPG?

Romeltea | Follow @romel_tea

Purchase BSI Jalin NPG Terkait Mesin EDC Kartu ATM

Saya cek saldo dan mutasi rekening mobile-banking BSI. Eh, ada transaksi bernama Purchase BSI Jalin NPG.

Heran dong! Purchase BSI Jalin NPG itu apa? Apaan sih Purchase BSI Jalin NPG? Heran bin cemas. Soalnya baru nyadar sering ada jenis transaksi dengan nama itu. Saya beli apaan ya?

Saya ingat-ingat. Oh, ternya itu Purchase BSI Jalin NPG itu adalah data transaksi saya ketika melakukan pembayaran menggunakan Kartu ATM BSI di minimarket atau "gesek" di toko mana saja yang menggunakan Mesin EDC untuk gesek kartu debit.

NPG artinya National Payment Gateway atau Gerbang Pembayaran Nasional (GPN.) Purchase artinya pembelian. Jalin maksudnya Jalin Pembayaran Nusantara (JPN).

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway (NPG) adalah sebuah sistem yang menghubungkan seluruh alat pembayaran (kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik) dengan mesin/perangkat transaksi pembayaran seperti ATM, mesin Electronic Data Capture (EDC), atau kanal pembayaran lainnya.

Apa Itu Mesin EDC?

EDC apaan? Itu lho... mesin buat bayar pake kartu debit. EDC singkatan dari Electronic Data Capture.

Mengutip dari laman resmi BSI, EDC adalah mesin gesek kartu yang dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit dan kartu prepaid yang diletakan di merchants. Dengan hadirnya mesin EDC BRI, pelanggan tentu akan lebih mudah dalam melakukan berbagai transaksi secara non tunai.

Mesin EDC adalah salah satu layanan yang digunakan untuk transaksi non tunai. Biasanya, mesin EDC tersedia di berbagai tempat seperti mall, minimarket, supermarket, café hingga restoran. Apa itu mesin EDC? Electronic Data Capture atau EDC adalah sebuah alat penerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank. Pada umumnya, bentuk mesin EDC adalah seperti telepon genggam model lama dengan layar yang kecil.

Mekanisme Penggunaan Mesin EDC adalah bawa kartu ke kasir dan kasir akan menggesekkan kartu pada mesin EDC.

Kasir akan memasukkan jumlah uang yang harus Anda bayarkan. Kemudian, kasir akan meminta Anda untuk memasukkan PIN pada mesin.

Saat memasukkan PIN, biasanya kasir "melengos" untuk tidak melihat atau mengintip PIN Anda. Tenang aja...!

Jika transaksi berhasil, akan keluar struk sebagai bukti transaksi.

Wah, hebat ya saya tahu hal-hal di atas? Gak hebat. Itu hasil Googling! :)

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media dan Content Creator from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Apa Itu Purchase BSI Jalin NPG?

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *