Perbedaan Baju Seragam Satpam dan Polisi

Romeltea | Follow @romel_tea

Perbedaan Baju Seragam Polisi dan Satpam
Perbedaan Baju Seragam Polisi dan Satpam. Foto: Jurnal Polisi.

POSTINGAN "Perbedaan Baju Seragam Polisi dan Satpam" saya bikin, setelah dalam seminggu terakhir ini bolak-balik ke sebuah tempat yang banyak Satpamnya. Saya masih kesulitan membedakan Satpam dan polisi.

Maka, saya pun Googling soal Perbedaan Baju Polisi dan Satpam. Paling mudah membedakannya atau mengenali Satpam atau polisi adalah tulisan di baju seragam mereka. 

Tulisan Satpam warna hitam berlatar putih. Tulisan Polisi warna hitam tanpa background. Lalu, nama Satpam juga warna hitam background putih sedangkan nama polisi hitam tanpa latar belakang.

Karena banyak orang seperti saya, sulit membedakan Satpam dan Polisi, belakangan baju Satpam akan diubah menjadi warna krem. Tidak lagi mirip. Namun, baru berlaku tahun depan. Eh, tahun 2023 ini harusnya ya? Entah kapan...

Kenapa seragam satpam sama kayak polisi?

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri saat itu, Brigadir Jenderal Awi Setiyono, seragam Satpam sengaja diubah menjadi mirip kepolisian untuk menjalin kedekatan emosional antara institusi Polri dengan personel Satpam.

Satpam bagian dari mitra Polri yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Bahkan, Bapak Satpam Indonesia juga polisi. Pada Hari Satpam 30 Desember 1993, Polri mengukuhkan Awaloedin Djamin (mantan Kapolri) sebagai Bapak Satpam Indonesia. Ini merupakan gelar tertinggi di lingkungan anggota Satpam. Piagamnya diberikan oleh Kapolri yang saat itu menjabat, Banurusman Astrosemitro.

Apa Beda baju satpam dan polisi?

Kita ulang, biar ingat, beda seragam Satpam dan Polri. Perbedaan antara seragam satpam dan polisi terletak pada gradasi warnanya. 

Seragam Satpam 20 persen lebih muda dibandingkan dengan seragam polisi. Selain itu, pita nama dan tulisan yang berada pada dada seragam Satpam berwarna putih. Pita nama dan tulisan Satpam di dada berwarna putih.

Secera keseluruhan, perbedaan sederhana berdasarkan penjabaran di atas adalah: Ada tulisan 'SATPAM' atau 'POLRI' pada bagian atas saku seragam 

Satpam mengenakan tali peluit di bahu kiri atau kanan, sementara polisi tidak. Satpam membawa pentung dan pisau rimba multi fungsi, sementara polisi tidak.

Karena "membingungkan", Polri kemudian memutuskan untuk mengubah kembali warna seragam baru satpam dari cokelat muda menjadi warna krem. 

Pengenalan seragam Satpam baru bersamaan dengan HUT satpam ke-41 yang jatuh pada 31 Januari 2022.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Perbedaan Baju Seragam Satpam dan Polisi

Post a Comment

No Spam, Please!