BNI: Transfer Gagal Saldo Berkurang, Jengkelin Banget Sih

Romeltea | Follow @romel_tea

Cara Atasi Transfer Gagal Saldo Tetap Berkurang di Bank BNI.


BNI: Transfer Gagal Saldo Berkurang

Saya transfer dari BNI Mobile Banking ke BJBS. Gagal, katanya. Saya ulang, gagal lagi. Tapi, kok saldonya berkurang banyak banget? Cek mutasi rekening. Oalah... sampai tiga kali transaksi! Tiga kali pula saldo berkurang dengan nominal yang sama!

Tak lama ada email masuk dari BNI. Informasinya berisi transaksi. Tiga emal pula. Isinya sama. Berisi informasi transaksi transfer ke BJBS, namun statusnya GAGAL.

Panik dong? Transfer gagal kok saldo berkuang. Tiga kali pula! Langsung saja saya kontak BNI Call Center dan pilih menu berbicara dengan CS.

Saya ceritakan kronologinya. Transfer, error, gagal, kok saldo berkurang. Sampai tiga kali pula! "Mohon kembalikan uang saya," gitu kira-kira saya bilang ke CS BNI.

Laporan diproses. Katanya tunggul hingga 5 hari kerja. Oalah.... bentar bingit! :)

Penyebab Transfer Gagal Saldo Berkurang

Googling ah...! Banyak postingan soal Transfer Gagal Saldo Berkurang. Salah satunya dari kumparan.com. 

Disebutkan, ada berbagai penyebab transfer antar bank bisa gagal namun saldo berkurang. Transaksi yang gagal pun terkadang tetap dinyatakan berhasil saat cek mutasi rekening. 

Penyebab yang paling umum adalah bank yang sedang mengalami gagal sistem. Namun ada beberapa penyebab lainnya yang membuat transfer uang nggak berhasil.
  • Transfer saat bank sedang gangguan.
  • Transfer saat bank sedang dalam kondisi Offline.
  • Transfer pada jam sibuk. Biasanya terjadi antara pukul 9-10 pagi.
  • Transfer saat kondisi cuaca buruk.
  • Transfer dengan Internet banking pada jaringan yang nggak stabil.
Wah, banyak juga penyebabnya. Saya transfer pagi, jam sibuk, cuaca mendung sih. Mungkin itu penyebabnya. Di Aplikasi BNI Mobile Banking pun ada notifikasi "koneksi internet terputus", padahal nggak putus kok!

Cara Mengatasi Transfer Gagal Saldo Berkurang

Kalau saya sih langsung kontak Call Center. Setelah kontak, mengeluh, mengadu, tetep aja hati ini tidak tenang. Sholawat dulu deh... Allohumma sholli 'ala Muhammad! Doa juga: Ilahana Yassir Lana Umurona...! Amin YRA.

Menurut berbagai sumber, jika mengalami kejadian gagal transfer saldo berkurang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, agar laporan diproses dan menunggu uangmu kembali. 
  1. Simpan bukti transaksi
  2. Minta mutasi rekening kepada rekening tujuan
  3. Buat laporan ke Bank
  4. Cek mutasi secara berkala
  5. Hubungi pihak Bank jika nggak ada pengembalian dana setelah 14 hari
Oke. Saya sudah simpan screenshot mutasi rekening. Semoga saldo kembali. Kalaupun lolos, terkirim, saya akan minta bank penerima mengembalikan yang dua kali terkirim. Semoga lancar.

Tips Agar Terhindar dari Transfer Gagal Antar Bank

Agar tidak mengalami transfer gagal saldo berkurang, menurut kumparan.com, hindari transaksi keuangan pada kondisi berikut ini:
  • Saat Bank sedang mengalami gangguan / maintenance.
  • Saat Bank sedang offline.
  • Saat cuaca sedang buruk.
  • Transfer pada jam sibuk di hari kerja
  • Lakukan transfer saat koneksi internet sedang stabil.
Enaknya sih emang transfer tuh malam hari. Jam 10 PM ke atas. Mungkin akan lancar jaya kayak lalu lintas. 

Kasusnya Banyak

Kasus Transfer Gagal Saldo Berkurang ternyata banyak dialami juga oleh nasabah BNI lain. Misalnya dipublikasikan di laman Media Konsumen. Sayangnya BNI tidak merespons di sana.

Assalamualaikum wr. wb.

Saya mau menyampaikan tentang masalah transfer gagal di mobile banking BNI, saldo terpotong tetapi uang tidak masuk ke rekening penerima. Saya melakukan transaksi pada tanggal 26 Agustus 2022 pukul 07.26, sebesar Rp12.000.000, melalui mobile banking BNI.

Selama proses transfer karena tidak ada notifikasi transaksi berhasil saya ulagi hingga 3 kali. Alhasil setelah saya cek ke riwayat transaksi saldo sudah terpotong 3 kali sebesar 12.000.000 × 3 = 36.000.000,-. Saya tunggu hingga jam 12.00 dana yang ditransfer belum masuk ke rekening tujuan.

Setelah itu saya melaporkan ke Kantor BNI Cabang Magelang dengan nomor aduan 200009127473 dan diminta menunggu nanti uang akan sampai tidak lebih dari 5 hari.

SOLUSI:

Alhamdulillah… tadi pagi jam 09.00 saya mendapatkan pemberitahuan dr call center BNI bahwa td malam transaksi sebesar 36.000.000 sdh di kembalikan ke rekening saya di BNI.

Saya sebagai nasabah BNI mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi2nya atas respon cepat dr BNI Pusat. Insya Allah ada hikmah dalam peristiwa ini. BRAVO BNI.

Kesimpulan

Transfer Gagal Saldo Berkurang karena sistem error. Solusinya kontak Call Center atau datang ke ke kantor bank dengan membawa bukti gagal transfer. 

Itu dia pengalaman Transfer Gagal Saldo Berkurang. Saat menulis posting ini, resah dan gelisah masih ada lho di hati! Transfer Gagal Saldo Berkurang nyaris 10 juta mah atuh mencemaskan pisan dong! Doain solusinya lancar ya. Dana kembali ke saldo. Amin...!

Newest
You are reading the newest post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on BNI: Transfer Gagal Saldo Berkurang, Jengkelin Banget Sih

Post a Comment

No Spam, Please!