Konten Evergreen Bikin Blog Tetap Banyak Pengunjung Meski Jarang Update

Romeltea | Follow @romel_tea

Bagaimana caranya agar website atau blog tetap banyak pengunjung meski jarang update? Salah satu jawabannya adalah dengan membuat konten evergreen atau evergreen content.


Konten Evergreen Bikin Blog Tetap Banyak Pengunjung Meski Jarang Update

Pengertian Konten Evergreen

Secara bahasa, evergreen content artinya konten yang selalu hijau. Secara istilah, konten evergreen adalah konten web yang tahan lama, selalu aktual, selalu dicari, dan menarik sepanjang masa. Ini mirip lagu-lagu nostalgia, lagu-lagu lama, yang juga disebut "evergreen songs".

Menurut Digital Marketing Institute, konten evergreen adalah konten (postingan, artikel, tulisan) yang dioptimalkan untuk pencarian (SEO) yang terus relevan dan tetap "segar" untuk pembaca dalam jangka waktu yang lama. 

Posting blog tidak hilang begitu saja setelah Anda mempostingnya. Tetapi "konten yang selalu hijau" berbeda. Itu terus relevan jauh melewati tanggal publikasi, dengan lalu lintas pencarian yang tumbuh dari waktu ke waktu.

Jenis-Jenis Konten Evergreen

1. Listicle

Salah satu jenis konten evergreen adalah listicle. Kependekan dari "list article", listicle adalah artikel berupa list atau daftar.

Dalam jurnalisme dan blogging, listicle adalah artikel yang disusun sebagai daftar yang sering dilengkapi dengan teks tambahan yang berkaitan dengan setiap item.

Listicle akan menonjolkan nomor kardinal dalam judulnya, dengan subjudul berikutnya di dalam teks itu sendiri yang mencerminkan skema ini. Misalnya, "Top 10 Website Terpopuler".

2. Pengertian

Wikipedia adalah website populer. Kekuatan atau daya tariknya adalah web ini berisi pengertian atau definisi berbagai istilah dan tema.

Web atau blog yang memuat artikel berupa pengertian biasanya memiliki traffic konsisten karena selalu dicari oleh user lintas generasi. Artikel pengertian dikenal dengan "tulisan deskriptif", menjawab pernyataan "apa", dan berisi gambaran ringkas atau tuntas tentang sesuatu dan seseorang.

3. Tutorial, Tips

Ini termasuk kekuatan blog atau web pribadi. Blogger berbagi cara melakukan sesuatu atau mengatasi suatu masalah.

Artikel dengan genre tutorial merupakan salah satu konten evergreen yang mudah didapatkan. Contohnya, seperti tutorial cara membuat website, tips SEO, cara mengatasi jerawat, cara mengatasi error, dll.

Tentu masih banyak jenis konten evergreen lainnya. Misalnya evergreen content yang dibahas GreenGeeks.

Untuk pemula, tiga aja dulu. Artikel atau postingan tentang pengalaman, petualangan, travelling, juga masuk konten evergren, sehingga blog bisa tetap banyak pengunjung meski jarang update. 

Good Luck and Happy Blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Konten Evergreen Bikin Blog Tetap Banyak Pengunjung Meski Jarang Update

Post a Comment

No Spam, Please!