Pengalaman Ambil Uang di ATM Tanpa Kartu

Romeltea | Follow @romel_tea

SISTEM atau layanan perbankan kian canggih. Kini kita bisa menarik atau mengambil uang tunai di ATM tanpa menggunakan kartu. Di Bank BNI, fitur ini namanya Mobile Tunai. Berikut ini pengalaman saya mengambil uang di ATM tanpa kartu. Aman dan cepat!

Ambil Uang Tanpa Kartu di ATM

Jadi begini. Saya suka was-was bin ragu dan cemas, kalau harus ngambil uang di ATM BNI deket rumah saya. Soalnya, ATM BNI ini berlokasi di tempat sepi, jauh dari keramaian. 

Plus sering "error" di akhir pekan, pernah ada yang saldo tabungannya terkuras. Ia menjadi korban  skimming (pencurian informasi kartu kredit atau debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal).

Sebenarnya bukan hanya di ATM itu saya suka cemas jika harus tarik tunai. Di semua ATM sih, tapi kalau ATM-nya di kantor cabang, di minimarket, atau di tempat ramai, rada mendinglah, gak terlalu takut jadi korban skimming.

Bukan hanya takut jadi korban kejahatan ATM, tarik tunai di ATM juga "trauma" berkali-kali ATM-nya error dan menelan kartu saya. Ribet urusannya kalau kartu ATM tertelan!
 
Nah, kini ada cara lebih nyaman untuk ambil uang tunaid di ATM, tanpa harus pakai kartu! Dengan cara ambil uang tanpa karu ini, kita terbebas dari kejahatan di ATM seperti modus ganjal tempat kartu dan ngelem slot kartu.

Cara Ambil Uang Tanpa Kartu di ATM BNI

Ada dua tahapan dalam melakukan transaksi tarik uang tunai di ATM tanpa Kartu ATM.

TAHAP 1 (Pada Aplikasi BNI Mobile Banking):
  1. Buka Aplikasi BNI Mobile Banking.
  2. Klik Mobile Tunai (kanan bawah), baca syarat dan ketentuan, setujui, klik lanjut.
  3. Pilih rekening sumber dana.
  4. Pilih nomor handphone tujuan yang akan mengambil tunai (diri sendiri atau orang lain).
  5. Masukkan nominal tarik tunai.
  6. Jika yang mengambil tunai orang lain, masukkan nama dan nomor handphone tujuan. Jangan lupa daftarkan sebagai favorit.
  7. Lakukan validasi data tarik tunai (nomor rekening debet, nomor handphone dan nama penerima).
  8. Masukkan password transaksi.
Anda akan mendapatkan kode transaksi yang akan dipakai penarikan tunai di ATM. Kode Transaksi hanya berlaku selama 2 jam.

TAHAP 2 (Pada Saat Proses Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM):
  1. Tekan tombol hot key (tombol ENTER, warnai hijau), di mesin ATM.
  2. Pilih menu Mobile Tunai.
  3. Masukkan kode transaksi yang didapat saat tahap 1 pada aplikasi BNI Mobile Banking, klik lanjutkan.
  4. Masukkan Kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone tujuan.
  5. Transaksi Mobile Tunai berhasil.
Beres. Anda telah berhasil melakukan Tarik Tunai tanpa Kartu. (Sumber)

Pengalaman Saya

Saya lebih sering transaksi online, belanja online, bahkan beli korek gas pun sering online. Namun, tak kalah seringnya beli kebutuhan ke warung tetangga, ke ruko terdekat, atau beli jajanan cuanki, mie ayam, atau mie kocok dan baso-tahu yang harus menggunakan uang tunai (kas).

Saya pun mencoba ambil uang di ATM tanpa kartu, sekaligus buat pengalaman dan berbagi dengan Anda. Saya manfaatkan fitur Mobile Tunai di BNI Mobile, lalu ke ATM dekat rumah yang saya ceritakan di atas.

Proses Ambil Uang di ATM Tanpa Kartu ini cukup mudah dan cepat. Setelah selesai, saya screenshot hasil proses tarik tunai tanpa kartu ATM di BNI Mobile.

Sekitar sejam kemudian, saya ke ATM BNI. Ini fotonya. Saya sempatkan ambil gambar usai transaksi.

Ambil Uang di ATM Tanpa Kartu

Ambil Uang di ATM Tanpa Kartu

Beruntung, ATM lagi sepi. Saya masuk lalu berhadapanlah saya dengan sang mesin ATM. Bismillah....!

Saya tekan tombol ENTER, lalu pilih menu Mobile Tunai, dan memasukkan kode transaksi yang saya dapat di aplikasi BNI Mobile.

Eh, error! Kok layat ATM kembali ke menu awal? Saya coba sekali lagi. Setelah memasukkan kode transaksi, ada notifikasi SMS berisi kode OTP dari BNI. Di layar ATM pun ada kolom kode tersebut.

Setelah kode OPT saya masukkan, alhamdulillah, "Silakan ambil uang Anda" kata si ATM. Saya pun segera mengambilnya dan proses ambil uang di ATM tanpa kartu pun selesai.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media dan Content Creator from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengalaman Ambil Uang di ATM Tanpa Kartu

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *