Kurir Terbaik dan Tercepat Pengiriman Belanja Online

Romeltea | Follow @romel_tea

Kurir Terbaik dan Tercepat Pengiriman Belanja Online

Belanja online di marketplace seperti Tokopedia itu asyik. Harga produk relatif murah dan banyak barang "antik" yang jarang atau tidak ditemukan di toko offline. Bisa pilih kurir terbaik atau favorit untuk kiriman cepat dan aman.

Belanja online melibatkan tiga pihak, yaitu marketplace (sepeti Tokopedia), seller atau penjual (toko online-nya), dan kurir yang mengirimkan barang yang kita beli.  

Kadang saya batal membeli barang gegara pilihan kurirnya tidak lengkap. Misalnya, tidak ada pilihan SameDay (dikirim di hari yang sama) atau tidak ada Instant (pengiriman dalam hitungan menit/jam --tergantung jarak seller dengan rumah kita).

Kurir Terbaik Kirim Belanja Online

1. Instant

Bagi saya, kurir terbaik untuk pengiriman barang belanjaan online adalah kurir instant, baik Grab Express maupun Gosend Instant.

Kurir Instant merupakan layanan pengiriman di hari yang sama. Pesanan kita akan sampai di rumah atau lokasi pengiriman paling lambat 4 jam sejak paket diterima kurir. Layanan instant baru hanya didukung Gojek dan Grab.

2. Same Day

Jika kurir instant dirasa mahal, maka kurir terbaik pilihan kedua adalah Same Day. Layanan ini ada di Grab, Gojek, dan AnterAja.

Harga Grab Same Day dan Gojek Same Day relatif. Tergantung jarak seller dengan kita. Kalaupun mahal, jika bebas ongkir atau ada diskon, saya pilih Same Day Gojek atau Grab ini.

Saya lebih sering pilih Same Day AnterAja yang harganya Rp13.500. Ini contoh perjalanan barang belanjaan kita dengan kurir SameDay AnterAja:

  • 14:36 05 Sep: Pickup request oleh shipper
  • 14:38 05 Sep: Pickup oleh AnterAja.
  • 15:14 05 Sep: Parcel sudah diterima oleh Satria.
  • 15:54 05 Sep: Parcel sudah tiba di staging untuk menuju ke hub.
  • 16:10 05 Sep: Parcel menuju ke Hub (proses transit).
  • 17:09 05 Sep: Parcel tiba di Hub (proses transit).
  • 17:14 05 Sep: Parcel akan segera diantar ke penerima.
  • 17:58 05 Sep: Tiba di Tujuan. Delivery sukses.

Setahu saja, dalam pengiriman same day ini, kurir mengirimkan ke beberapa lokasi di hari yang sama. Jadi, bukan hanya orderan kita yang dikirimkan. Makanya sedikit lebih lama dibandingkan instant yang hanya mengirimkan orderan kita.

3. Kurir Standar: SiCepat Halu Jagoannya!

SiCepat Halu adalah layanan pengiriman SiCepat dengan tarif ongkir mulai dari 5 ribu rupiah. Jika saya belanja barang yang tidak begitu mendesak digunakan, saya biasa pilih kurir SiCepat Halu.

Pengiriman paket lewat SiCepat Halu hingga sampai di tujuan memerlukan waktu 1-3 hari. Pengalaman saya, hanya sehari. Misalnya, pesan hari ini, besoknya (biasanya sore) sudah sampai.

Sesekali saya juga pilih JNE, J&T, dan AnterAja Reguler. Kurir mana pun, sejauh ini, aman-aman saja, lancar. Mungkin karena lokasi pengiriman masih dalam kota (Kota Bandung).

Itu dia kurir terbaik pengiriman belanja online. Tentu saja, versi saya. Jangan lupa cek selalu "promo" yang diberikan marketplace. Biasanya ada diskon ongkos kirim, bahkan bebas ongkir.

Hati-hati juga pilih seller atau penjual. Utamakan beli di toko yang sudah banyak beli, banyak ulasan (review), dan harga paling murah tapi "masuk akal".

Sayangnya, di marketplace tidak ada ulasan buat kurir ya. Pembeli hanya bisa "komplain" di halaman produk, bukan di halaman ulasan kurir --karena belum ada ulasan kurir. Adain dong!

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media dan Content Creator from Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Kurir Terbaik dan Tercepat Pengiriman Belanja Online

Post a Comment

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *