Tips Blogging: Pengertian Niche Blog dan Cara Memilihnya

Romeltea | Follow @romel_tea

 Pengertian Niche Blog dan Cara Memilihnya


Pengertian niche blog dan cara memilihnya ini merupakana panduan blogging bagi pemula. Anda yang mau ngeblog, wajib baca dulu soal niche alias "ceruk" blog ini. 

Anda tentu ingin membuat blog yang akan menarik banyak pembaca dan pada akhirnya menghasilkan uang atau keuntungan materi bagi Anda, terutama bisa diterima Google AdSense sebagai sumber utama penghasilan blogger.

Kecuali Anda membuat terobosan pada topik yang sangat baru atau berbeda dengan yang sudah ada, mungkin ada sedikit persaingan di luar sana. 

Dengan mengingat hal ini, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan "ceruk" (niche) blog mana yang akan membantu Anda mengatasi persaingan ketat di internet. 

Pengertian Niche Blog

Secara bahasa, niche artinya "ceruk". Ceruk artinya ruang, sudut, dll. Dalam konteks blogging --juga marketing, niche artinya area tertentu atau bidang khusus.

Maka, pengertian niche blog adalah area topik khusus yang akan difokuskan saat menulis konten, misalnya komunikasi, kuliner, travelling, blog sepakbola, dll.

Niche blog memungkinkan blogger mempersempit audiens dan membuat konten yang jauh lebih relevan.

Akibatnya, pembaca lebih cenderung menjadi pelanggan blog dan Anda akan dapat membangun otoritas dan memposisikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran. 

Selain itu, Anda akan mempermudah mesin telusur untuk mengidentifikasi tentang apa blog Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat di posisi tinggi, yang pada gilirannya akan membawa lebih banyak pembaca.

Ada banyak jenis blog yang bisa Anda pilih untuk difokuskan, mulai dari yang sangat teknis hingga yang lebih personal atau kreatif. 

Beberapa cara paling umum untuk melakukan brainstorming ide niche blog meliputi:
  1. Berbasis industri, seperti mata uang kripto atau pekerja lepas (freelancer).
  2. Berbasis audiens, dengan menargetkan audiens seperti pemilik usaha kecil atau pengantin baru.
  3. Berbasis subyek, seperti konten berita dan ulasan film.

Cara Memilih Niche Blog

Bagaimana menemukan niche blog Anda? Ringkasnya sih, pilih topik yang Anda kuasai atau pahami. Jadikan blog sebagai media berbagi pengetahuan dan pengalaman. 

Saat Anda mempelajari cara memulai blog, memilih niche yang tepat sangat penting untuk membangun fondasi yang kuat. 

Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri saat Anda mempertimbangkan opsi yang berbeda:
  1. Hal Apa Yang Menbuat Anda Tertarik?
  2. Anda paling banyak pengalaman di bidang apa?
  3. Apakah ini sesuatu yang diminati orang?
Anda kemungkinan besar mulai dari tempat di mana Anda telah mempertimbangkan dua poin pertama. 

Lagi pula, Anda ingin menemukan ceruk blog yang tidak membuat Anda bosan dan Anda memiliki banyak hal untuk ditulis. Yang ketiga, bagaimanapun, akan membutuhkan sedikit lebih banyak penelitian eksternal.

Pengertian Niche Blog dan Cara Memilihnya



Untuk menentukan potensi jangkauan niche, Anda perlu melakukan riset kata kunci untuk membuktikan kelayakan topiknya. 

Melakukannya akan memungkinkan Anda untuk menentukan apakah ada cukup minat pada konten untuk membangun blog yang sukses tentangnya. 

Selain itu, Anda akan dapat melihat apakah Anda dapat memonetisasi blog Anda melalui iklan, konten bersponsor, atau paywall dalam jangka panjang. (Sumber: Wix Blog)

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Tips Blogging: Pengertian Niche Blog dan Cara Memilihnya

Post a Comment

No Spam, Please!